PENGEMBANGAN FIVE-TIER DIAGNOSTIC TEST BERBASIS WEB PADA MATERI GELOMBANG

Aminatussaadah, Aminatussaadah (2022) PENGEMBANGAN FIVE-TIER DIAGNOSTIC TEST BERBASIS WEB PADA MATERI GELOMBANG. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (66kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (948kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (60kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)
[img] Text
AMINATUSSAADAH NIM A1C318044.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Miskonsepsi dapat menjadi penghambat siswa dalam menerima materi pelajaran yang baru oleh karena itu perlu diketahui sehingga tidak menjadi penghambat dalam proses belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan website tes diagnostik untuk mengukur miskonsepsi yang dialami oleh siswa pada materi gelombang. Pengembangan produk dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analyze Design Develop Implementation and Evaluation) sampai pada tahap develop pengembangan. Website kemudian dilakukan validasi ahli yakni validasi ahli media, validasi assessment, dan validasi praktisi. menggunakan lembar validasi. Setelah dinyatakan valid kemudian dilakukan uji coba penggunaan website terhadap siswa untuk mengetahui respon pengguna. Uji coba penggunaan website dilakukan di SMPN 7 Muaro Jambi pada April 2022. Penelitian pengembangan ini menghasilkan website yang dapat di akses pada laman https://fisika.fkip.unja.ac.id/miskonsepsi_gelombang/index.html. Website ini berisikan instrumen miskonsepsi 5 tingkat yang telah valid dan reliabel serta menghasilkan output berupa kategori pemahaman, deskripsi miskonsepsi dan sumber miskonsepsi siswa yang disajikan dalam bentuk tabel dan diagram. Hasil validasi website dari 2 orang validator ahli media memperoleh presentase masing-masing 100% dan 99,25% dengan kriteria sangat baik. Presentase hasil dari validasi assessment adalah 100% dengan kriteria sangat baik. Presentase hasil dari 2 validator praktisi masing masing 90,93% dan 95,95% dengan kriteria sangat baik. Sedangan respon pengguna terhadap pengembangan five tier diagnostic test berbasis web materi gelombang memperoleh rata rata presentase 81,15% dengan kiteria sangat baik.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: web, miskonsepsi, siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Aminatussa`adah
Date Deposited: 07 Jul 2022 06:53
Last Modified: 07 Jul 2022 06:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36316

Actions (login required)

View Item View Item