Pengembangan Instrumen Five-Tier untuk Mengidentifikasi Miskosenpsi Siswa pada Topik Cahaya

Safitri, Putri Ramadhani (2022) Pengembangan Instrumen Five-Tier untuk Mengidentifikasi Miskosenpsi Siswa pada Topik Cahaya. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER-HALAMAN JUDUL.pdf

Download (31kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Halaman Pengesahan.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB 1 (2).pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB V (1).pdf

Download (7kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (249kB)
[img] Text
SKRIPSI PUTRI RAMADHANI SAFITRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Miskonsepsi merupakan pemahaman konsep yang tidak sejalan dengan para ahli. Ada beberapa penyebab siswa mengalami miskonsepsi, diantaranya dari siswa itu sendiri, sarana/prasarana pembelajaran, dari penjelasan guru atau juga dari buku. Miskonsepsi akan sangat menghambat proses penerimaan dan asimilasi pengetahuan lain pada diri siswa, sehingga menghambat keberhasilan siswa didalam proses pembelajaran selanjutnya yang akan berdampak kepada sulitnya siswa didalam memahami pelajaran. Miskonsepsi dapat diketahui dengan menggunakan tes diagnostik salah satunya yaitu five tier diagnostic test. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui proses pengembangan instrumen miskonsepsi berbentuk five tier diagnostic test (2) untuk mengetahui kevalidan instrumen miskonsepsi pada materi cahaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D. Subjek uji dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII di SMPN 7 Muaro Jambi pada April 2022. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan instrument tes ke siswa yang selanjutnya data tersebut akan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari pengembangan ini berupa instrumen sebanyak 6 item yang telah memenuhi validitas secara kualitatif melalui bantuan validator. Untuk validitas isi terdiri dari persentase False Positif, False Negatif dan Lack of Knowledge kurang dari 10% yang artinya instrumen valid. Sedangkan validitas konstruk dari 6 soal dengan melihat korelasi dan didapatkan r tabel > r hitung kemudian untuk analisis faktor didapatkan nilai loading > 0.3 sehingga data dinyatakan valid. Reliabilitas instrumen dikategorikan reliabel dengan interpretasi sedang karena nilai Alpha yang didapatkan 0.226 > r tabel.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: miskonsepsi, tes diagnostik, cahaya
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Safitri
Date Deposited: 07 Jul 2022 06:53
Last Modified: 07 Jul 2022 06:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36322

Actions (login required)

View Item View Item