Pengembangan Website Responsif untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi pada Materi Kinematika Gerak Lurus Menggunakan Model Pembelajaran ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce)

Febrianto, Feri (2022) Pengembangan Website Responsif untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi pada Materi Kinematika Gerak Lurus Menggunakan Model Pembelajaran ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce). S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Cover.pdf

Download (19kB)
[img] Text
Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (486kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (277kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (376kB)
[img] Text
Skripsi Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Dalam proses pembelajaran, pendidik sedini mungkin diharuskan untuk mengetahui kesalahan interpretasi konseptual yang tidak sesuai dengan konsep ilmiah. Diagnostic four-tier test dapat digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang terjadi pada peserta didik. Penggunaan diagnostic four-tier test pada saat ini masih disusun dalam bentuk paper based test (PBT) dimana penggunaannya memiliki beberapa kelemahan. Oleh karena itu, pada penelitian ini, diagnostic four-tier test dikembangkan dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, dimana tes ini akan dikemas dalam bentuk website responsif yang dapat diakses menggunakan smartphone ataupun komputer dengan cepat, mudah dan efisien. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan prosedur pendefinisian, perancangan, dan pengembangan (4-D) yang bertujuan ntuk mengetahui proses pengembangan dan tingkat kelayakan website responsif untuk mendeteksi miskonsepsi dan memberikan materi kinematika gerak lurus yang telah dikembangkan. Dalam proses pengembangan, produk akan diuji baik secara fungsionalitas maupun secara sistem sebelum nantinya dilakukan uji validasi ahli dan respon pengguna untuk melihat tingkat kelayakan produk. Hasil uji validasi ahli dan respon pengguna kemudian dianalisis secara statistik deskriptif menggunakan skala Likert. Hasil dari pengembangan website responsif ini dapat di akses melalui alamat: http://itas-kinematika.creative-ku.com/. Hasil penelitian terhadap uji kelayakan yang dilakukan oleh dosen Pendidikan Fisika Universitas Jambi menunjukkan bahwa website responsif ini sangat layak digunakan dengan persentase sebesar 95,44% (kategori “sangat layak”). Sedangkan hasil uji coba atau respon pengguna yang dilakukan pada mahasiswa pendidikan fisika angkatan 2020 Universitas Jambi yang melibatkan 59 mahasiswa diperoleh data sebesar 83,35% (kategori “layak”). Berdasarkan keseluruhan hasil penelitian uji kelayakan dan uji coba atau respon pengguna, dapat disimpulkan bahwa website responsif yang telah dikembangkan layak untuk digunakan In the learning process, educators as early as possible are required to find out conceptual misinterpretations that do not correspond to scientific concepts. The diagnostic four-tier test can be used to identify misconceptions that occur in learners. The use of the diagnostic four-tier test is currently still compiled in the form of a paper-based test (PBT) where its use has several disadvantages. Therefore, in this study, the diagnostic four-tier test was developed by utilizing information and communication technology, where this test will be packaged in the form of a responsive website that can be accessed using a smartphone or computer quickly, easily and efficiently. This research is a development research (Research and Development) with a definition, design, and development procedure (4-D) which aims to find out the development process and the level of feasibility of responsive websites to detect misconceptions and provide material on straight motion kinematics that has been developed. In the development process, the product will be tested both functionally and systemically before later expert validation tests and user responses will be carried out to see the feasibility level of the product. The results of the expert validation test and user responses were then analyzed statistically descriptively using the Likert scale. The results of the development of this responsive website can be accessed through the address: http://itas-kinematika.creative-ku.com/. The results of a study of due diligence conducted by a lecturer of Physics Education at the University of Jambi showed that this responsive website is very feasible to use with a percentage of 95.44% (the category of "very feasible"). Meanwhile, the results of trials or user responses conducted on physics education students class of 2020, Jambi University, involving 59 students, obtained data of 83.35% (the "decent" category). Based on the overall results of due diligence research and trials or user responses, it can be concluded that the responsive website that has been developed is suitable for use

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: E-Diagnostic Four-Tier Test, Tes Diagnostik, Kinematika Gerak Lurus
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Febrianto
Date Deposited: 08 Jul 2022 03:43
Last Modified: 08 Jul 2022 03:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36350

Actions (login required)

View Item View Item