PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 TEBO

Setya Ningsih, Ayu (2022) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 TEBO. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (194kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (163kB)
[img] Text
SKRIPSI AYU SETYA NINGSIH PPKN ANGKATAN 2015.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
HALAMAN PENGSAHAN.pdf

Download (175kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Setyaningsih. Ayu. 2021. “Pengaruh Disiplin Belajar terhadap karakter tanggung jawab siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Tebo”. Skripsi. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Drs. M. Salam, M.Si Pembimbing II Heri Usmanto, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: Disiplin Belajar, karakter tanggung jawab Hasil pengamatan awal dan informasi yang didapat dari guru di SMP Negeri 9 Tebo mengindikasikan adanya bentuk-bentuk perilaku yang mengarah pada perkembangan karakter tanggung jawab yang kurang baik. Bentuk-bentuk perilaku tersebut di antaranya kurang mentaati peraturan sekolah, kurang sopan santun, berkumpul pada suatu tempat untuk bermain game online melalui handphone, malas mengerjakan tugas dan kurang fokus terhadap pelajaran sehingga dapat menggangu tanggung jawab mereka sebagai seorang pelajar. Perilaku-perilaku tersebut tentu ada hubungan dengan pendampingan anak oleh orang dewasa dan kedisaiplinan anak. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap karakter tanggung jawab siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Tebo. Jenis peneltian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Expost facto. populasi penelitian ini sebesar 89 siswa. Sampel pada penelitian hanya berjumlah 20 siswa. Adapun variabel bebas dalam penelitian ini adalah disiplin belajar. Adapun variabel terikat dalam penelitian ini adalah karakter tanggung jawab. Berdasarkan hasil dan pengolahan data disiplin belajar dengan jumlah sampel 20 orang kemudian didapatkan jumlah nilai 2116 dengan rata-rata nilai 105,8, dan standar deviasi 4,79, nilai tertinggi yang didapatkan 112 dan terendah 94. Untuk data karakter tanggungjawab dengan jumlah sampel 20 orang kemudian didapatkan jumlah nilai 1552, dengan rata-rata nilai. Untuk uji normalitas Lo < Ltabel, maka data dari kedua variabel memiliki distribusi data yang normal karena, untuk data disiplin belajar Lo (0,1056) < Ltabel (0,190), dan data karakter tanggung jawab (0,1736) < Ltabel (0,190). uji homogenitas variansi adalah uji F. Dengan n = 20, S12 = 22.91 dan S22 = 15,20 diperoleh Fhitung = 1.506 Selanjutnya dengan dk pembilang (V) = 20 diperoleh Ftabel = 3.49. Dengan menggunakan rumus (n-2) 20–2 = 18 pada α = 0,05, maka dengan dk 18, untuk uji dua pihak t 0,95 = 1,7341 mudah dilihat bahwa t_(hitung=) 2.273 > t_tabel 1,7341 maka terdapat Pengaruh Disiplin Belajar terhadap karakter tanggung jawab siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Tebo. Kesimpulan pada penelitian yaitu terdapat Pengaruh Disiplin Belajar terhadap karakter tanggung jawab siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Tebo.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NINGSIH
Date Deposited: 07 Jul 2022 03:22
Last Modified: 07 Jul 2022 03:22
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36367

Actions (login required)

View Item View Item