TBLA (TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS) UNTUK MENGIDENTIFIKASI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN LESSON STUDY MATERI GELOMBANG

Aningrum, Diah (2022) TBLA (TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS) UNTUK MENGIDENTIFIKASI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN LESSON STUDY MATERI GELOMBANG. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (528kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (713kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (172kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (357kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (506kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (177kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (421kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dalam kegiatan pembelajaran Fisika yang didominasi oleh guru dalam menjelaskan materi dimana belum teridentifikasi motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan lesson study menggunakan TBLA (Transcript Based Lesson Analysis) dan untuk mengidentifikasi motivasi belajar peserta didik dengan lesson study menggunakan TBLA pada materi gelombang. Penelitian dilakukan di SMAN 11 Muaro Jambi dengan subjek penelitian kelas XI IPA 2 yang beranggotakan 26 orang peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan Mix Method. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan rekam video selama pembelajaran, catatan lapangan observer, dan dokumen yang lainnya Penelitian dilakukan dalam 2 siklus pembelajaran dengan 3 tahapan lesson study yaitu plan, do, see. Berdasarkan hasil penelitian ini pelaksanaan siklus 1 didominasi oleh guru dilihat dari percakapan yang terjadi antara guru dan peserta didik melalui data transkrip yang diperoleh. Siklus 1 menunjukkan sedikitnya respon peserta didik sehingga pembelajaran ini dikategorikan bersifat TCL (Teacher centered learning). Siklus 2 dilakukan untuk menindak lanjuti hasil transkrip pembelajaran siklus 1. Berdasarkan pelaksanaannya data transkrip pembelajaran siklus 2 menunjukkan adanya perbaikan yang terjadi, dilihat dari bertambahnya peserta didik yang memberikan respon. Secara keseluruhan kegiatan pembelajaran dikelas XI IPA 2 masih bersifat TCL (Teacher centered learning). Adapun saran yang termuat dalam penelitian ini yaitu guru dapat merancang pembelajaran dan menerapkan lesson study pada materi yang tepat sehingga dapat mewujudkan pembelajaran yang bersifat SCL (Student Centered Learning).

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Lesson study, TBLA (Transcript Based Lesson Analysis), Pembelajaran Fisika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Aningrum
Date Deposited: 07 Jul 2022 03:46
Last Modified: 07 Jul 2022 03:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36398

Actions (login required)

View Item View Item