Situmorang, Situmorang (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMAN 9 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (103kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Situmorang, Denora. 2022. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Larutan Penyangga Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMAN 9 Kota Jambi. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Prof. Dr. rer. nat. Asrial,M.Si (II) Dr. Dra. Zurweni, M.Si. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Kemampuan Berpikir Kritis, Larutan Penyangga. Pendidikan merupakan aspek yang sangat penting bagi suatu bangsa karena dari pendidikan akan terbentuk generasi muda yang cerdas, berkualitas juga mampu menghadapi dan memecahkan permasalahan hidup yang dihadapi. Satu diantara beberapa materi kimia yaitu larutan penyangga merupakan materi yang diajarkan pada kelas XI SMA. Materi larutan penyangga meliputi pengertian larutan penyangga, pembuatan larutan penyangga, perhitungan pH larutan penyangga dan fungsi larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup. Materi larutan penyangga memuat banyak konsep prasyarat yang harus dikuasai siswa antara lain persamaan reaksi, sifat-sifat zat, kesetimbangan kimia, molaritas, dan asam-basa. Dengan keterkaitan konsep yang cukup rumit, guru perlu menyusun pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw mata pelajaran kimia kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy experiment), yang dilaksanakan pada kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi berpikir kritis dan tes uraian. Berdasarkan hasil penelitian berpikir kritis siswa kelas eksperimen terjadi peningkatan pada setiap pertemuan, dari pertemuan pertama diperoleh persentase sebesar 34,69% , kemudian meningkat pada pertemuan kedua 57,50%, selanjutnya pada pertemuan ketiga juga terjadi peningkatan 67,66%. Pada kelas kontrol juga terjadi peningkatan berpikir kritis pada setiap pertemuannya, berturut-turut yaitu 34,77%, 52,54% dan 61,13%. Adanya peningkatan ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan berpikir kritis pada setiap pertemuan di masing-masing kelas. Adanya peningkatan ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan berpikir kritis pada setiap pertemuan di masing-masing kelas. Dan setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas maka untuk membuktikan hipotesis dilakukan uji t. Hasil perhitungan uji diperoleh thitung = 7,18561022. Nilai tersebut kemudian dibandingkan dengan nilai ttabel = 1,697260887 sehingga diketahui thitung > ttabel yaitu 7,18561022 > 1,697260887 dengan df = 28 dan α = 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penerapan model Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Kemampuan Berpikir Kritis, Larutan Penyangga. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | SITUMORANG |
Date Deposited: | 07 Jul 2022 03:34 |
Last Modified: | 07 Jul 2022 03:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36415 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |