Purwanti, Rosi and Rusdi, muhammad and Habibi, Akhmad (2022) Pengembangan Modul Game Based Learning untuk meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Kreatif Mapel IPA bagi Peserta Didik Tunadaksa Kelas XII SMA LB Negeri Kota Jambi. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Abstrak_Rosi Purwanti_P2A120004.pdf Download (259kB) |
![]() |
Text
Cover Depan_Judul Tesis Rosi Purwanti.pdf Download (144kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan dan Persetujuan.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka_Rosi Purwanti_P2A120004.pdf Download (385kB) |
![]() |
Text
BAB 5_Rosi Purwanti_P2A120004.pdf Download (412kB) |
Abstract
Generasi Z saat ini umumnya menyukai sesuatu hal yang kreatif, praktis dan menyenangkan dalam berbagai aktivitas, termasuk ketika belajar. adapun penerapannya yaitu pembelajaran berbasis game (Game Based Learning). Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan Modul Game Based Learning untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Mapel IPA Bagi Peserta Didik Tunadaksa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Penelitian ini dilakukan di SLB Negeri Prof. Dr. Sri Soedewi Masjchun Sofwan, SH Jambi. Tahap pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis-DesignDevelopment-Implementation-Evaluation), penelitian yang dilakukan menghasilkan produk Modul Game Based Learning Korosi pada Logam IPA SMALB Kelas XII. Berdasarkan review para ahli tersebut maka didapatkan penilaian akhir modul memenuhi kriteria yaitu sangat baik dengan rata-rata keseluruhan skor dari masingmasing ahli, yaitu 9,57, 9,51, dan 9,02. Modul juga dinyatakan valid dan dapat diterapkan pada uji lapangan. Pada uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil didapatkan rata-rata keseluruhan skor dari 5 (lima) aspek yang terdapat dalam angket memenuhi kriteria penilaian yaitu sangat praktis dengan nilai 8,9. Untuk itu dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan baik, menarik, memenuhi kriteria layak, dan dapat disarankan untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran di kelas secara tatap muka maupun digunakan secara mandiri oleh pendidik dan peserta didik kelas XII Tunadaksa.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul, Game Based Learning, Minecraft: Education Edition, Tunadaksa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Purwanti |
Date Deposited: | 07 Jul 2022 01:42 |
Last Modified: | 07 Jul 2022 01:42 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36417 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |