Neng Sih, Ayu Lara Aprita (2022) Pengembangan Media Pembelajaran E-Molab dengan Pemanfaatan Edlink pada Mata Kuliah Pengelolaan Laboratorium Pendidikan Biologi Universitas Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (87kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (292kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (185kB) |
|
|
Text
COVER.pdf Download (32kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (212kB) |
|
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (321kB) |
Abstract
ABSTRAK Neng Sih. A., L. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran E-Molab dengan Pemanfaatan Edlink pada Mata Kuliah Pengelolaan Laboratorium Pendidikan Biologi Universitas Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Winda Dwi Kartika, S. Si., M. Si., (II) M. Erick Sanjaya, S. Pd., M. Pd. Kata Kunci: elektronik modul laboratorium (E-Molab), edlink, pengelolaan laboratorium Media pembelajaran merupakan alat yang digunakan untuk menyampaikan informasi dalam kegiatan pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran dalam penelitian ini diberi nama E-Molab. Media E-Molab akan diaplikasi pada paltform pembelajaran berupa Edlink. Pengembangan media E-Molab bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan media, mengetahui tanggapan (respon) mahasiswa, dan mengetahui kelayakan media pembelajaran dengan pemanfaatan platform Edlink. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan prosedur pengembangan ADDIE. Objek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi angkatan 2019, yang dibagi menjadi dua kelompok uji coba yaitu, uji coba kelompok kecil berjumlah 5 responden dan kelompok besar berjumlah 95 responden. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket validasi materi, validasi media, dan angket uji coba responden. Berdasarkan hasil validasi materi yang dilakukan sebanyak tiga kali, diperoleh rata-rata skor validasi (I) 57,5% (Cukup), validasi (II) 71% (Baik), dan validasi (III) 85% (Sangat Baik). Kemudian dilakukan penilaian media sebanyak tiga kali dengan rata-rata skor validasi (I) 67,5% (Baik), validasi tahap (II) 75% (Baik), validasi (III) 83,75% (Sangat Baik). Dari hasil validasi yang dilakukan, media dapat di uji coba kepada mahasiswa. Uji coba dibagi menjadi dua kelompok yaitu, kelompok kecil diperoleh skor sebanyak 307 dengan rata- rata persentase 95,93% (Sangat Baik), sedangkan uji coba kelompok besar diperoleh skor sebanyak 5.098 dengan rata-rata persentase 83,84% (Sangat Baik). Mahasiswa menilai bahwa media yang dikembangkan dapat dimanfaatkan serta dijadikan media tambahan pada mata kuliah Pengelolaan Laboratorium. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran E-Molab dapat digunakan baik dari segi materi, media, bahasa, dan manfaat produk yang telah dikembangkan.
| Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | elektronik modul laboratorium (E-Molab), edlink, pengelolaan laboratorium |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Sih |
| Date Deposited: | 07 Jul 2022 08:00 |
| Last Modified: | 07 Jul 2022 08:00 |
| URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36418 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
