Efektivitas Wordwall Dalam Evaluasi Pembelajaran Sejarah Kelas X IPS 5 SMA Negeri 2 Kota Jambi

Yani, Eka Nasha Putri Dewi (2022) Efektivitas Wordwall Dalam Evaluasi Pembelajaran Sejarah Kelas X IPS 5 SMA Negeri 2 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Full Skripsi YUDISIUM 7 Juli 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (931kB)
[img] Text
COVER - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (196kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (77kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (44kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (49kB)
Official URL: https://repositoryunja.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi peserta didik yang tidak terlalu antusias pada saat melakukan evaluasi pembelajaran sejarah. Hal ini terlihat dari sikap peserta didik dalam mengerjakan soal atau tugas diakhir jam pelajaran yang berguna untuk melihat ketercapaian pembelajaran peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan wordwall dalam evaluasi pembelajaran sejarah. Penelitian ini dilakukan di kelas X IPS 5 SMA Negeri 2 Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mixed method (kombinasi antara metode kuantitatif dan kualitatif) dengan menggunakan strategi sekuensial eksplanatoris. Populasi penelitian ini adalah sebanyak 36 orang peserta didik dan 1 orang guru mata pelajaran sejarah dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan observasi lapangan. Hasil penelitian dengan menggunakan mixed method ini dapat dikatakan baik/efektif dengan hasil penelitian kuantitatif mendapatkan angka persentase sebesar 79% dan hasil penelitian kualitatif yang mendapatkan tanggapan positif melalui kegiatan wawancara namun perlu peningkatan di beberapa hal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa wordwall efektif digunakan dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran sejarah, hal ini terlihat dari tanggapan peserta didik serta guru yang mengajar yang diperoleh dari hasil olah data angket dan hasil wawancara. Wordwall efektif digunakan karena dapat membantu meningkatkan semangat dan mengurangi kebosanan peserta didik dalam melaksanakan kegiatan evaluasi pembelajaran sejarah serta dapat memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran guna menciptakan variasi dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran sejarah.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: EFEKTIVITAS WORDWALL DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: YANI
Date Deposited: 11 Jul 2022 06:59
Last Modified: 11 Jul 2022 06:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36509

Actions (login required)

View Item View Item