RIDHO, RIDHO and Syamsir, Syamsir and Darminto, Citra (2022) STRATEGI PEMERINTAH DUSUN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DUSUN RANTAU KELOYANG KECAMATAN PELEPAT KABUPATENN BUNGO. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
COVER.pdf Download (44kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (219kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (201kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (205kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (318kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (562kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (201kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (422kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi bagaimana strategi pemerintah dusun Rantau Keloyang dalam meningkatkan kualitas pelayan publik yang disesuaikan dengan standar kebutuhan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mendeskripsikan upaya yang dilakukan pemerintah dusun dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di kantor Dusun Rantau Keloyang dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam upaya pemerintah dusun meningkatkan kualitas pelayanan publik di kantor Dusun Rantau Keloyang. Penelitian ini dilakukan di Kantor Dusun Rantau Keloyang 8 Maret-10 Maret 2022. Design penelitian ini menggunakan Kualitatif Deskriptif diperoleh dengan cara melakukan wawancara dengan Kepala Dusun atau RIO. Kemudian observasi keadaan di kantor dusun Rantau Keloyang, dan melalui observasi awal dan data dokumentasi (sebagai penunjang). Setelah didapatkan data, peneliti menganalisis data secara kualitatif, menggunakan teknik miles dan huberman. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya pemerintah Dusun dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di kantor Dusun Rantau Keloyang Kecamatan Pelepat Kabupaten Bungo yakni menyesuaikan dengan peraturan Dusun Rantau Keloyang Nomor 1 Tahun 2018 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM Dusun) Tahun 2018-2024 BAB II Pasal 3-6 dan berusaha memenuhi dimensi kualitas pelayanan serta pemerintah Dusun Rantau Keloyang pada khususnya tetap berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari segala aspek salah satunya aspek keagamaan atau spiritual masyarakat. Faktor pendukung pemerintah Dusun dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di kantor Dusun Rantau Keloyang Kecamatan Pelepat Kabupaten Bungo adalah professional kerja para staf, kekompakan antar anggota pemerintahan, dan kelengkapan peralatan di kantor dusun. Faktor penghambat pemerintah Dusun dalam meningkatkan pelayanan publik di kantor Dusun Rantau Keloyang Kecamatan Pelepat Kabupaten Bungo adalah bantuan listrik serta kehadiran para staf di kantor. Implikasi penelitian ini diharapkan kepada pemerintah Dusun dalam melaksanakan tugas sebagai pelayanan publik agar tetap menjaga profesionalitas serta menjalankan aturan yang telah ditetapkan dalam meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat dan dengan adanya beberapa kendala dalam melayani masyarakat, diharapkan pemerintah Dusun dapat menghadapinya dan mencari jalan keluar agar bisa menjawab tantangan dari masyarakat.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | RIDHO |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 03:52 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 03:52 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36525 |
Actions (login required)
View Item |