Putri, Nabila Fitmalia (2022) PERBEDAAN PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN CUSTOMER SERVICE REPRESENTATIVE (CSR) PLASA TELKOM WILAYAH TELEKOMUNIKASI JAMBI DITINJAU DARI FAKTOR DEMOGRAFI PELANGGAN. S1 thesis, University of Jambi.
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (29kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL_NABILA FITMALIA PUTRI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (501kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (151kB) |
Abstract
LATAR BELAKANG: Kualitas pelayanan merupakan faktor penting yang harus diperhatikan oleh setiap perusahaan karena berkaitan erat dengan kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Namun dalam pelaksanaannya, pelayanan Customer Services Representative (CSR) Plasa Telkom Wilayah Telekomunikasi Jambi masih menunjukkan adanya ketidakpuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan. Kemudian terdapat perbedaan persepsi terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh pelanggan. TUJUAN: Mengetahui gambaran kualitas pelayanan Customer Services Representative (CSR) dan mengetahui perbedaan persepsi kualitas pelayanan berdasarkan faktor demografi pelanggan. METODE: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif komparatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan pelanggan yang pernah mengunjungi Plasa Telkom Jambi dengan total subjek 358 orang. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu incidental sampling. Teknik analisis dalam penelitian ini yaitu analisis varians dengan menggunakan aplikasi JASP. HASIL: Terdapat perbedaan persepsi kualitas pelayanan dari faktor demografi tingkat pendidikan pelanggan dengan hasil p value sebesar 0.021 (p < 0.05). KESIMPULAN DAN SARAN: Persepsi pelanggan terhadap kualitas pelayanan cenderung pada kategori sedang dan terdapat perbedaan kualitas pelayanan apabila ditinjau dari faktor demografi tingkat pendidikan pelanggan. Sehingga diharapkan PT Telkom Witel Jambi dapat memperhatikan kembali segmentasi pelanggan dengan faktor demografi yang berbeda dan meningkatkan kepekaan terhadap kualitas pelayanan. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Customer Services Representative (CSR), Faktor Demografi, Pelanggan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Psikologi |
Depositing User: | PUTRI |
Date Deposited: | 08 Jul 2022 03:02 |
Last Modified: | 08 Jul 2022 03:02 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36532 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |