Bastian, Veri (2022) Pengaruh Penerapan Model CORE dan Model PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Self Regulation Pada Siswa SMPN 1 Tungkal Ulu. S2 thesis, Universitas Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Bastian, Veri. 2022. Pengaruh Penerapan Model CORE dan Model PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Self Regulation pada Siswa SMP N 1 Tungkal Ulu : TESIS, Program Magister Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (1) Dr. Nizlel Huda, M.Kes (2) Dr. Drs. Suratno,M.Pd. Kenyataan yang ditemukan dilapangan kemampuan berpikir kritis siswa masih tergolong rendah, untuk mengatasi masalah tersebut guru harus menerapkan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yakni dengan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE). Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Metode penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan rancangan nonequivalent pre-test dan post-test control grup design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol dengan teknik total sampling. Pengumpulan data kemampuan berpikir kritis matematis menggunakan instrumen tes esay, sedangkan untuk mengumpulkan data self regulation menggunakan angket. Berdasarkan uji anova dua jalur, terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa berdasarkan self regulation, tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan self regulation terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Kata Kunci : CORE, PBL, Self Regulation, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Bastian |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 06:40 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 06:40 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36538 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |