Farenti, Farenti (2022) Pengaruh Kesadaran Diri (Self Awareness) Terhadap Perencanaan Karier pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 3 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (335kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (189kB) |
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (347kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (300kB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
halaman pengesahan.pdf Download (319kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena siswa yang belum maksimal dalam perencanaan karier dan mengenal kemampuan diri, baik mengenal kelebihan maupun kekurangan pada diri sendiri. Penelitian ini betujuan untuk mengungkapkan tingkat kesadaran diri (self awareness), tingkat perencanaan karier serta mengungkapkan pengaruh kesadaran diri (self awareness) terhadap perencanaan karier pada siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Kota Jambi. Perencanaan karier merupakan suatu proses bagian dari kesadaran diri kemampuan individu dalam mempersiapkan, merencanakan serta mengembangkan kemampuan diri untuk memilih kelanjutan arah karier yang ingin dicapai. Kesadaran diri adalah kemampuan individu untuk dapat mengenali dan memahami perasaan, berpikir positif, pengambilan keputusan pribadi, mempertimbangan dampak dari pengambilan keputusan, serta kemampuan mengenali kelemahan dan kelebihan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode expost facto. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket, untuk mengetahui ketepatan instrument dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus formula C, uji normalitas, uji linearitas, serta analisis regresi sederhana dengan bantuan program SPSS 24. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 80 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kesadaran diri (self awareness) terhadap perencanaan karier siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Kota Jambi berada pada persentase sebesar 46.7% atau 0.467 dengan klasifikasi cukup kuat. Dengan demikian semakin tinggi kesadaran diri (self awareness) akan semakin tinggi pula perencanaan karier pada siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Kota Jambi. Hendaknya guru BK dapat membantu siswa meningkatkan dan mempertahankan kesadaran diri (self awareness) pada diri siswa agar siswa dapat lebih mengenal dirinya sendiri, menyalurkan kemampuan bakat, minat sesuai pada tempatnya dan mempersiapkan perencanaan karier yang sesuai dengan potensi yang ada pada diri sendiri.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesadaran diri (self awareness), perencanaan karier |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | FARENTI |
Date Deposited: | 12 Jul 2022 06:45 |
Last Modified: | 12 Jul 2022 06:45 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36539 |
Actions (login required)
View Item |