AMIN, M. AL (2022) PENGEMBANGAN WEBSITE RESPONSIF UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI PADA MATERI USAHA DAN ENERGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (20kB) |
![]() |
Text
Persetujuan dan Pengesahan.pdf Download (847kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (289kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (734kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (428kB) |
![]() |
Text
Skripsi Full.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan dan tingkat kelayakan dari website responsif untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada materi usaha dan energi menggunakan model pembelajaran ekspositori. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Jambi yang melibatkan ahli media dan 50 mahasiswa angkatan 2021. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket melalui google from. Setelah hasil angket terkumpul kemudian dianalisis secara kuantitatif dengan rumus persentase serta dianalisis secara kualitatif dari komentar ahli media dan responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pengembangan digunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Namun pada penelitian ini hanya dibatasi pada tahap Development, karena pada tahap tersebut tujuan dari penelitian telah terpenuhi. Hasil uji ahli media terhadap pengembangan yang telah dilakukan pada uji pertama yang melibatkan aspek usability, functionality, dan komunikasi visual diperoleh rata-rata 73,03% yang tergolong dalam kategori “Layak”. Selanjutnya uji ahli media yang kedua diperoleh rata-rata 78,97% yang tergolong dalam kategori “Layak”. Dan uji yang terakhir diperoleh rata-rata yaitu 97,31% yang tergolong dalam kategori “Sangat Layak”. Setelah dilakukan pengujian ahli media maka selanjutnya dilakukan lah uji respon pengguna terhadap produk yang telah dihasilkan dari pengujian tersebut yang melibatkan aspek kemudahan dan ketertarikan diperoleh hasil bahwa pada aspek ketertarikan mendapatkan persentase 83,20% dan pada aspek kemudahan diperoleh 83,23% sehingga didapatkan rata-rata yaitu 82,72% yang termasuk dalam kategori “Layak”. Dari penelitian ini disarankan perlu dilakukannya tahap implementasi dan evaluasi untuk mengetahui keefektifan produk yang telah dikembangkan agar nantinya didapatkan tingkat kelayakan yang lebih tinggi. This study aims to find out how the development process and the feasibility level of a responsive website are to identify misconceptions in the business and energy material using the expository learning model. This research was conducted at the Physics Education Study Program, Jambi University, involving media experts and 50 students from the class of 2021. The research data was obtained by distributing questionnaires via google from. After the results of the questionnaire were collected, they were analyzed quantitatively with the percentage formula and analyzed qualitatively from comments from media experts and respondents. The results showed that in the development process the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) was used. However, this research is only limited to the Development stage, because at that stage the objectives of the research have been met. The results of the media expert test on the development that has been carried out in the first test involving aspects of usability, functionality, and visual communication obtained an average of 73.03% which belongs to the "Decent" category. Furthermore, the second media expert test obtained an average of 78.97% belonging to the "Decent" category. And the last test obtained an average of 97.31% which belongs to the "Very Eligible" category. After testing the media experts, then the user response test is carried out on the products that have been produced from these tests involving aspects of convenience and interest, the results show that in the interest aspect the percentage is 83.20% and in the convenience aspect it is 83.23% so that the average is obtained. The average is 82.72% which is included in the "Eligible" category. From this research, it is suggested that the implementation and evaluation stages need to be carried out to determine the effectiveness of the products that have been developed so that a higher level of feasibility will be obtained later.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tes Diagnostik, Website Responsif, Usaha dan Energi, Miskonsepsi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | AMIN |
Date Deposited: | 08 Jul 2022 06:57 |
Last Modified: | 08 Jul 2022 06:57 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36565 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |