Jailani Mahmud, Syarif (2022) PENGEMBANGAN BOT TELEGRAM SEBAGAI MEDIA PERSONALIZE LEARNING MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI KINEMATIKA. S1 thesis, pendidikan fisika.
![]() |
Text
DRAFT SKRIPSI Syarif Mahmud Jailani.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (30kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (73kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (81kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (75kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (83kB) |
Abstract
Media pembelajaran adalah semua hal yang dapat difungsikan dan dimanfaatkan dalam memberikan informasi pada proses belajar mengajar sehingga dapat merangsang perhatian pelajar untuk belajar. Pada proses belajar mengajar yang dilakukan secara daring, pengajar sulit melakukan interaksi kepada masing-masing individu pelajar dalam waktu yang sama agar proses pembelajaran dapat terarah dengan baik. Sehingga, dibutuhkan media yang dapat menyelesaikan masalah ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media personalize learning dalam bentuk bot telegram menggunakan model project base learning pada materi besaran dan satuan, gerak lurus berubah beraturan, dan gerak jatuh bebas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan design thinking. Tahapan penelitian terdiri dari lima tahapan yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Pengujian produk dilakukan melalui tiga tahapan yaitu pengujian blackbox, validasi ahli media dan ahli materi, dan analisis respon pengguna. Subjek dalam penelitian ini yaitu 53 mahasiswa Pendidikan Fisika Angkatan 2020 Universitas Jambi. Hasil dari pengembangan chatbot ini dapat diakses melalui alamat berikut: https://t.me/learningphysicsbot. Dengan didapatkannya hasil penelitian yang menunjukkan bahwa uji kelayakan oleh ahli media yang dilakukan oleh validator yaitu satu orang dosen Pendidikan Fisika Universitas Jambi yaitu sebesar 92,94% yang termasuk dalam kategori “sangat layak”. Hasil penelitian yang menunjukkan uji kelayakan oleh ahli materi yang dilakukan oleh validator yaitu dua orang dosen Pendidikan Fisika Universitas Jambi yaitu sebesar 95,00% yang termasuk dalam kategori “sangat layak”. Sedangkan, hasil uji coba atau respon pengguna yang dilakukan pada angakatan 2020 Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Jambi yang melibatkan 53 orang mahasiswa diperoleh 88,82% yang tergolong dalam kategori “sangat layak”. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa media personalize learning dalam bentuk bot telegram menggunakan model project based learning pada materi besaran dan satuan, gerak lurus berubah beraturan, dan gerak jatuh bebas sangat layak untuk digunakan dalam proses belajar mengajar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bot, Interaktif, Media, Pembelajaran, Personal |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Jailani |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 01:19 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 01:19 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36606 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |