Nurnawangsih, Lita (2022) Pengembangan Penuntun Praktikum Online Fisika Dasar I menggunakan Model Inkuiri Terbimbing pada Materi Pengukuran dengan Aplikasi OLabs. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (446kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (722kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (503kB) |
![]() |
Text
COVER (2).pdf Download (463kB) |
![]() |
Text
daftarpustaka.pdf Download (482kB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan dan persetujuan.pdf Download (341kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Pergantian model belajar yang semula tatap muka berganti menjadi model pembelajaran daring ataupun online. Perubahan sistem pembelajaran memaksa perguruan tinggi menerapkan pendidikan jarak jauh, pembelajaran online. penuntun ini penting dipelajari dan berarti dalam mendukung kegitan praktikum berikutnya salah satunya yaitu penuntun praktikum pengukuran. Perlengkapan alat ukur seperti jangka sorong, mikrometer sekrup, dan spherometer yang terlihat kecil menimbulkan mahasiswa mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi skala alat ukur pada saat melaksanakan pengukuran. Aktivitas praktikum seharusnya dikerjakan dengan lancar dan mudah apabila disertai dengan penuntun praktikum. Penuntun praktikum pada Fisika Dasar I yang digunakan pada saat ini masih dalam bentuk cetak dan digunakan untuk praktikum secara offline. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti bertujuan untuk mengembangkan penuntun praktikum secara online dan melihat persepsi mahasiswa terhadap penuntun praktikum online. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dan peneliti menggunakan model yaitu Analyzing, Design, Development, Implementation, dan Evaluate atau lebih sering disingkat dengan model ADDIE. Hasil terhadap uji kelayakan yang dilakukan oleh dosen Pendidikan Fisika Universitas Jambi menunjukkan bahwa penuntun praktikum online ini sangat layak digunakan dengan persentase pada validasi ahli media sebesar 3.82 (kategori “sangat baik”) dan untuk validasi ahli materi sebesar 3.91 (kategori “sangat baik”). Sedangkan hasil uji persepsi mahasiswa yang dilakukan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Jambi angkata 2021 yang melibatkan 26 mahasiswa diperoleh data sebesar 3.45 (kategori “sangat baik”) atau layak digunakan. Berdasarkan keseluruhan hasil penelitian uji kelayakan dan uji persepsi mahasiswa, dapat disimpulkan bahwa penuntun praktikum online ini telah dikembangkan dan layak untuk digunakan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Two Stay Two Stray, Jigsaw, Argumentasi, dan Hidrolisis Garam |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Nurnawangsih |
Date Deposited: | 12 Jul 2022 04:22 |
Last Modified: | 12 Jul 2022 04:22 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36607 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |