Studi Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik di Kelas V SD 1/IV Kota Jambi

Rahmatullaili, Isna (2022) Studi Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik di Kelas V SD 1/IV Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (648kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (114kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (111kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI ISNA RAHMATULLAILI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SD 1/IV Kota Jambi pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif degan jenis penelitian kritis. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD 1/IV Kota Jambi. Data penelitian ini diperoleh dengan cara observasi langsung dengan memvidiokan saat proses pembelajaran. Setelah melakukan observasi serta dokumentasi proses pembelajaran, data yang diperoleh dianalisis dengan tahap yang pertama reduksi data, kedua penyajian data, ketiga verifikasi data dan yang keempat pemaknaan data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keaktifan belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas V SD 1/IV Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi, data penelitian didapatkan dengan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul data di analisis, secara kualitatif menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dari 8 indikator keaktifan belajar siswa yang dilihat dari beberapa aspek yaitu kedelapan bertanya kepada guru, menjawab pertanyaan dari guru, merangkai alat dan bahan dalam sebuah praktikum, bekerjasama dengan kelompok, diskusi dengan kelompok, mendengarkan sajian presentasi serta mendengarkan penjelasan guru masih rendah hal ini ditunjukkan bahwa keaktifan belum mencapai ≥75% dari skor maksimal atau belum seluruhnya siswa aktif dalam pembelajara. Guru harus mempertahankan dan meningkatkan pelaksanaan pengelolaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran tematik sesuai dengan ketentuan yang berlaku, sehingga pembelajaran akan lebih efektif. Kepala Sekolah hendaknya terus melakukan pembinaan, pengawasan, dan evaluasi kepada guru dalam mengelola pembelajaran tematik sehingga pelaksanaanya akan lebih optimal dengan cara melakukan pertemuan rutin dengan guru kelas untuk membahas pelaksanaan pembelajaran di kelas.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Studi Keaktifan, Belajar, Pembelajaran Tematik, Siswa Kelas V
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Rahmatullaili
Date Deposited: 12 Jul 2022 04:16
Last Modified: 12 Jul 2022 04:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36620

Actions (login required)

View Item View Item