PENGARUH EKSTRAKULIKULER PRAMUKA DAN PEMBELAJARAN SEJARAH TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA PADA KELAS X IPA 1 SMAN 11 MUARO JAMBI

YANA, SERI (2022) PENGARUH EKSTRAKULIKULER PRAMUKA DAN PEMBELAJARAN SEJARAH TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA PADA KELAS X IPA 1 SMAN 11 MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (309kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB)
[img] Text
SERIYANA (A1A217012).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Pramuka bertujuan membentuk setiap anggota pramuka supaya memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriot dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa. Selain makna yang diatas anggota pramuka diharuskan memiliki kecakapan dalam hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia. Berkaitan dengan penumbuhan karakter, proses pembelajaran dikelas senantiasa peserta didik diarahkan agar memiliki karakter dan budi pekerti yang baik. Melalui pembelajaran dikelas ditanamkan nilai-nilai moral yang baik. Pembelajaran sejarah diharapkan berkontribusi besar dalam pembentukan karakter peserta didik dan memuat nilai-nila positif dalam kehidupan. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh ekstrakulikuler pramuka dan pembelajaran sejarah terhadap pembentukan karakter pada siswa kelas X IPA SMAN 11 Muaro Jambi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Expost facto. Sampel pada penelitian hanya berjumlah 35 siswa. Adapun variabel bebas dalam penelitian ini adalah ekstrakulikuler pramuka dan pembelajaran sejarah. Adapun variabel terikat dalam penelitian ini adalah pembentukan karakter. Berdasarkan hasil dan pengolahan data untuk variabel Ekstrakulikuler Pramuka (X1) sebesar 0.390 atau dapat dinyatakan sebagai persamaan linier Y = 75.569 + 0,220 X. Pada tabel tersebut nilai t hitung sebesar 2,297 dibandingkan dengan t tabel dk= n-1 =34 maka t tabel = 1,6909 dengan sig = 0,00, maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan kata lain terdapat pengaruh ekstrakulikuler pramuka terhadap pembentukan karakter, untuk variabel Pembelajaran Sejarah (X2) sebesar 0.235 atau dapat dinyatakan sebagai persamaan linier Y = 73.341 + 0,235 X. Pada tabel tersebut nilai t hitung sebesar 2,395 dibandingkan dengan t tabel dk= n-1 = 34 maka t tabel = 1,6909 dengan sig = 0,00 maka Ho ditolak dan Ha diterima, dengan kata lain terdapat pengaruh pembelajaran sejarah terhadap pembentukan karakter, untuk model regresi ini adalah 5.032 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,009, sedangkan nilai F tabel yang tersaji diperoleh dar df = N-k-1 = (35-2-1) = 32 diperoleh sebesar 2.92, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh ekstrakulikuler pramuka dan pembelajaran sejarah terhadap pembentukan karakter siswa pada kelas X IPA 1 SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Kesimpulan pada penelitian yaitu terdapat pengaruh ekstrakulikuler pramuka dan pembelajaran sejarah terhadap pembentukan karakter pada siswa kelas X IPA SMAN 11 Muaro Jambi. Kata Kunci: Ekstrakulikuler Pramuka, Pembelajaran Sejarah, Pembentukan Karakter

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakulikuler Pramuka, Pembelajaran Sejarah, Pembentukan Karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: SERIYANA
Date Deposited: 11 Jul 2022 04:12
Last Modified: 11 Jul 2022 04:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36640

Actions (login required)

View Item View Item