IMPLEMENTASI PEMBERIAN PENGHARGAAN DAN HUKUMAN DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS 5 B SDN 131/IV KOTA JAMBI

NABILA, AULIA ROZA and Destrinelli, Destrinelli and Zahyuni, Violita (2022) IMPLEMENTASI PEMBERIAN PENGHARGAAN DAN HUKUMAN DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS 5 B SDN 131/IV KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (98kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (150kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (7kB)
[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (674kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Nabila, Aulia Roza, 2022. Implementasi Pemberian Penghargaan dan Hukuman dalam Pembelajaran di Kelas 5 B SDN 131/IV Kota Jambi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing (1) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd (II) Violita Zahyuni S.Pd., M.Pd Kata Kunci : Penghargaan, Hukuman, Pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pemberian penghargaan dan hukuman dalam pembelajaran di kelas 5 B SDN 131/IV Kota Jambi, yaitu berupa pelaksanaan pemberian penghargaan dan hukuman dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 131/IV Kota Jambi pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif. Lebih spesifiknya yaitu: (1) reduksi data (data reduction), (2) penyajian data (data display), dan (3) penarikan kesimpulan atau verifikasi (conclusion drawing/verification). Selanjutnya, analisis dilakukan dengan memadukan (secara interaktif) tiga bagian tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pemberian penghargaan dan hukuman dalam pembelajaran di kelas 5 B SDN 131/IV Kota Jambi berupa penghargaan yaitu penghargaan verbal berupa pujian yang mendidik kepada siswa ketika guru melihat tanda-tanda yang baik dan terpuji pada diri dan perilaku siswanya dan penghargaan non verbal yaitu pemberian benda berupa hadiah yang sifatnya berwujud materi, dan gestural yaitu menepuk pundak siswa sebagai reaksi rasa senang dan rasa bangga kepada siswa. Sedangkan untuk hukuman yang diterapkan di kelas 5 B SDN 131/IV Kota Jambi yaitu hukuman verbal seperti menasihati, menegur, dan membentak dengan berkata memakai intonasi yang agak tinggi dan mengejutkan dan tertuju kepada siswa yang melakukan kesalahan dan kata-kata yang dilontarkan berbentuk kata-kata teguran dan melarang melakukan sesuatu. Ada pula hukuman non verbal seperti berpaling, tidak menyapa, guru bermuka masam jika anak didik berbuat kegaduhan atau anak melakukan kesalahan dan melanggar peraturan, dan guru melarang melakukan sesuatu. Implementasi pemberian penghargaan dan hukuman di kelas 5 B SDN 131/IV Kota Jambi didapatkan hasil siswa lebih termotivasi dan tujuan pembelajaran tercapai dengan baik. Temuan wawancara juga memperkuat hasil observasi, yang menunjukkan bahwa guru kelas 5 B menggunakan penghargaan dan hukuman di dalam pembelajaran dengan baik dan tepat.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penghargaan, Hukuman, Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: NABILA
Date Deposited: 12 Jul 2022 07:05
Last Modified: 12 Jul 2022 07:05
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36649

Actions (login required)

View Item View Item