Andrian, Yoan (2022) KETERAMPILAN GURU DALAM MEMANFAATKAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDN 55/I SRIDADI. KETERAMPILAN GURU DALAM MEMANFAATKAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDN 55/I SRIDADI.
![]() |
Text
ARTIKEL YOAN ADRIAN.doc Download (141kB) |
Abstract
ABSTRAK Andrian,Yoan. “Keterampilan Guru dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA kelas V SD 55/I Sridadi”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Dosen Pembimbing (1), Dr. Yantoro, M.Pd (2) Drs. Faizal Chan, M.Si Kata kunci : keterampilan guru, media pembelajaran, IPA Pemanfaatan media dalam pembelajaran sangat membantu untuk mengatasi hambatan tersebut. Media mampu menyajikan konsep secara utuh dan benar, khususnya pada materi pembelajaran IPA. Dengan menggunakan media dalam pembelajaran IPA diharapkan akan mempengaruhi kelancaran proses mengajar. Penggunaan media yang tepat dapat mengefektifkan dan memudahkan proses pembelajaran. Media dapat mempermudah proses belajar siswa sehingga lebih cepat memahami materi yang dijelaskan dan dapat memaksimalkan hasil belajar yang dicapai. Guru SD yang menjadi subyek dalam penelitian ini merupakan lulusan sarjana pendidikan yang tentunya memiliki pengetahuaan tentang pemanfaatan media dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsiskan keterampilan guru dalam memanfaatkan media pembelajaran pada mata pelajaran IPA kelas V SD 55/I Sridadi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas V SDN 55/I Sridadi.Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penelitimaka dapat dijelaskan bahwa guru terampil dalam menggunakan media pembelajaran seperti media E-pen Elektronik, kartu, VCD dengan menggunakan bantuan leptop dan juga buku dan papan tulis, dan beliau dapat menggunakanya dengan baik dan benar, serta dapat difahami oleh siswa.Jadi media inilah yang dipakai pada materi pembelajaran IPA, karena untuk media seperti buku dan papan tulis sudah tersedia di dalam kelas, dan siswa memiliki buku pelajaran IPA, sedangkan untuk media seperti kartu, E-pen Elektronik, dan VCD. Mudah untuk dibawa kedalam kelas. Berdasarkan uraian-uraian yang telah dipaparkan di Bab IV, peneliti menyimpulkan bahwa keterampilan guru dalam memanfaatkan media pembelajaran IPA kelas V SD 55/I Sridadi sudah mampu dan terampil dalam menggunakan beberapa media pembelajaran yang tersedia. Akan tetapi untuk penggunaan media seperti televisi dan VCD player tidak pernah digunakan, hal ini bukan hanya dikarenakan kekurangmampuan guru dalam mengopersikannya tetapi juga karena tidak lengkapnya software yang dibutuhkan.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | ANDRIAN |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 04:01 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 04:01 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36695 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |