PENGARUH EKONOMI DIGITAL TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS UMKM KULINER DI KOTA JAMBI)

Pratama, Hanuken Asnifero Julian (2022) PENGARUH EKONOMI DIGITAL TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS UMKM KULINER DI KOTA JAMBI). S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Cover.pdf

Download (38kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (258kB)
[img] Text
Abstrak Skripsi.pdf

Download (343kB)
[img] Text
Daftar Isi Gambar, Table, Lampiran.pdf

Download (275kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (406kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (504kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (538kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (519kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (814kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (269kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (384kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Hanuken Asnifero C1A018034.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.a.id/

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Ekonomi Digital Terhadap Pendapatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Selama Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus UMKM Kuliner Di Kota Jambi)”. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui dan menganalisis karakteristik sosial ekonomi pelaku UMKM Kuliner di Kota Jambi; (2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh ekonomi digital terhadap tingkat pendapatan UMKM Kuliner di Kota Jambi selama masa pandemi covid-19; (3) Untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan pendapatan UMKM kuliner di Kota Jambi sebelum dan setelah menggunakan media digital. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini analisis deskriptif dan analisis kuantitatif menggunakan alat analisis yaitu regresi linier berganda serta uji paired T-test. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 18.587 UMKM bidang kuliner. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate simple random sampling sehingga didapat jumlah sampel sebanyak 123 sampel. Jenis data yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan pemasaran melalui aplikasi media sosial dan pemasaran melalui aplikasi transportasi online secara simultan memiliki pengaruh terhadap pendapatan UMKM kuliner di Kota Jambi. Berbeda dengan variabel pemasaran melalui aplikasi transportasi online yang memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap pendapatan UMKM kuliner di Kota Jambi, variabel pemasaran melalui aplikasi media sosial tidak memiliki pengaruh secara parsial. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan secara nyata antara pendapatan UMKM kuliner Kota Jambi sebelum dan setelah menggunakan media digital. Kata Kunci : Ekonomi Digital, Pendapatan UMKM

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi Digital, Pendapatan UMKM
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Depositing User: PRATAMA
Date Deposited: 12 Jul 2022 04:02
Last Modified: 12 Jul 2022 04:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36727

Actions (login required)

View Item View Item