Ibrahim, Ibrahim (2022) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, LITERASI EKONOMI DAN GAYA HIDUP TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS JAMBI. S2 thesis, Pendidikan Ekonomi.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan, Halaman Pengesahan.pdf Download (546kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (582kB) |
Abstract
Pemenuhan kebutuhan di lakukan semua masyarakat dari berbagai tingkat usia, akan tetapi setiap tingkat usia memiliki karakteristik perilaku konsumen yang berlainan seperti melakukan pembelian impulsif serta memiliki gaya hidup yang berbeda juga. Salah satu lapisan konsumen adalah remaja. Mahasiswa merupakan salah satu kelompok konsumen remaja. Mahasiswa juga seseorang yang mempunyai pendidikan yang baik. Pendidikan memegang peranan penting dalam meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas. Pendidikan merupakan suatu proses yang mengakibatkan terjadinya perubahan-perubahan dalam perilaku. Dengan kata lain orang yang dianggap belajar adalah orang yang menunjukkan perubahan-perubahan tingkah laku dalam hidupnya. Dengan pengetahuan yang dimilikinya manusia bisa bertindak atau berperilaku sesuai dengan pengetahuan yang didapatnya dari proses pembelajaran dalam mengambil keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung: 1) kecerdasan emosional terhadap gaya hidup, 2) literasi ekonomi terhadap gaya hidup, 3) kecerdasan emosional terhadap pembelian impulsif, 4) literasi ekonomi terhadap pembelian impulsif, 5) gaya hidup terhadap pembelian impulsif, 6) pengaruh tidak langsung kecerdasan emosional terhadap pembelian impulsif melalui gaya hidup, 7) pengaruhan tidak langsung literasi ekonomi terhadap pembelian impulsif melalui gaya hidup. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model analisis jalur (path analisys). Subjek dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi Angkatan 2017, 2018, dan 2019. Populasi berjumlah 245. Instrument dalam penelitian ini berupa angket dengan bantuan Google Form. Hasil penelitian adalah 1) Terdapat pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap gaya hidup sebesar 0,190, 2) Terdapat pengaruh langsung literasi ekonomi terhadap gaya hidup sebesar 0,128, 3) Terdapat pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap pembelian impulsif sebesar 0,160, 4) Terdapat pengaruh langsung literasi ekonomi terhadap pembelian impulsif sebesar 0,127, 5) Terdapat pengaruh langsung gaya hidup terhadap pembelian impulsif sebesar 0,569, 6) Terdapat pengaruh tidak langsung kecerdasan emosional terhadap pembelian impulsif melalui gaya hidup sebesar 0,267, 7) Terdapat pengaruh tidak langsung literasi ekonomi terhadap pembelian impulsif melalui gaya hidup sebesar 0,200.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Ibrahim |
Date Deposited: | 12 Jul 2022 03:04 |
Last Modified: | 12 Jul 2022 03:04 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36743 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |