TINDAK TUTUR ILOKUSI GURU DAN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH ALIYAH

Kurniawati, Rina (2022) TINDAK TUTUR ILOKUSI GURU DAN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH ALIYAH. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (509kB)
[img] Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (495kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (615kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (522kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Kurniawati, Rina, 2022. Tindak Tutur Ilokusi Guru dan Peserta Didik pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Aliyah, Tesis, Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pascasarjana Universitas Jambi, Pembimbing I Dr. Kamarudin, M.Pd. Pembimbing II Urip Sulistiyo, M.Ed., Ph.D. Kata kunci: tindak tutur, ilokusi, dan pembelajaran bahasa Indonesia Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tindak tutur ilokusi guru dan peserta didik pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XI Madrasah Aliyah (MA). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk dan fungsi yang mengikat tindak tutur ilokusi guru dan peserta didik baik tindak tutur ilokusi asertif, direktif, ekspresif, komisif, maupun deklaratif pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XI Madrasah Aliyah (MA). Manfaat yang didapat secara teoretis mengembangkan ilmu pengetahuan tentang tindak tutur ilokusi dalam pembelajaran. Manfaat praktisnya adalah membantu peneliti lain untuk memperkaya wawasan dan mengetahui hal-hal yang terungkap dalam tindak tutur guru dan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan situasi percakapan di dalam kelas pembelajaran bahasa Indonesia. Data penelitian ini adalah percakapan guru dan peserta didik pada pembelajaran bahasa Indonesia yang mengandung tindak tutur ilokusi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dan catatan lapangan. Analisis data menggunakan analisis pragmatik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua fungsi tindak ilokusi asertif, direktif, komisif, ekspresif, dan deklaratif ditemukan pada saat pembelajaran di kelas. Tindak ilokusi yang mengikat pada tuturan guru dan peserta didik adalah tindak tutur ilokusi direktif. Bentuk tuturan secara verbal yang mendominasi adalah tuturan langsung berupa kalimat perintah. Penelitian ini dapat diimplikasikan dalam pembelajaran kemampuan berbicara di madrasah aliyah (MA). Pemakai bahasa Indonesia untuk lebih mengenal, memahami, dan memakai tindak tutur ilokusi saat berkomunikasi, terutama tindak tutur ilokusi direktif. Hal ini mengingat banyaknya fungsi dari tindak tutur ilokusi direktif terutama kalimat langsung, sehingga mudah dipahami maksudnya oleh lawan tutur. Fungsi tindak tutur ilokusi direktif mengutamakan prinsip kesopanan dalam komunikasi, diharapkan para peminat pragmatik agar mampu menggali keragaman tindak tutur ilokusi direktif dalam berbagai konteks melalui penelitian lanjutan. Selanjutnya dalam bidang pendidikan, hendaknya sivitas akademik yang dimulai dari guru dan tenaga kependidikan mampu menerapkan dan menggunakan tindak tutur ilokusi direktif dalam pembelajaran dan aktivitas di lingkungan sekolah/ madrasah agar kompetensi berbicara peserta didik dapat meningkat dalam berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dalam mewujudkan kecintaan terhadap bahasa Indonesia.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: tindak tutur, ilokusi, dan pembelajaran bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: KURNIAWATI
Date Deposited: 12 Jul 2022 07:03
Last Modified: 12 Jul 2022 07:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36755

Actions (login required)

View Item View Item