Riska, Kiki (2022) Analisis metode Mim-Mem Mimicry Memorization Pada Pembelajaran Bahasa Arab di Marasah Tsanawiyah Negeri 4 Tanjung Jabung Timur. S1 thesis, universitas jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK indi, inggris, arab.pdf Download (434kB) |
![]() |
Text
BAB I skripsi kiki.pdf Download (411kB) |
![]() |
Text
BAB V skripsi kiki.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN skripsi kiki.pdf Download (673kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN, sudah scan.pdf Download (490kB) |
![]() |
Text
bismillah.skripsi kiki riska marissa.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Marissa, Kiki Riska. 2022. Analisis Metode Mim-Mem (Mimicry Memorization) Pada Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Tanjung Jabung Timur: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Helty, S.Pd. M.Pd., (II) Neldi Harianto, S.Pd. M.A., Kata kunci : Analisis, Metode, Mimicry Memorization, Pembelajaran Penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan metode mimicry memorization pada pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII serta apa saja kelebihan dan kekurangan dari penerapan metode mimicry memorization ini. Penelitian ini dilakukan di MTsN 4 Tanjung Jabung Timur pada bulan Maret sampai dengan April 2022. Data penelitian diperoleh dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru bahasa Arab dan siswa MTs N 4 Tanjung Jabung Timur. Hasil penelitian menunjukkan dalam penerapan metode mimicry memorization guru menuliskan teks berbahasa Arab di papan tulis lalu guru membacakan nya kemudian siswa meniru ucapan dari guru beberapa kali sampai siswa hapal. Kemudian dari hasil penelitian didapati berapa kelebihan dari penerapan metode mimicry memorization yaitu siswa menjadi lebih aktif, melatih keberanian, memudahkan siswa dalam memahami bahasa Arab, meningkatkan daya ingat, siswa mampu melafalkan bahasa Arab sesuai yang ajarkan guru, siswa menjadi lebih fokus dengan pengucapan guru, suasana kelas menjadi lebih hidup. Adapun kekurangan dari penerapan metode ini adalah membutuhkan tenaga pendidik yang lebih banyak dan waktu yang lebih lama, siswa hanya dapat aktif jika diminta oleh pendidik, pembelajaran ini memerlukaan persiapan yang matang, kurangnya meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis dikarenakan dalam penerapan metode mimicry memorization banyak berfokus pada aspek meniru dan menghafal. Dari hasil penelitian ini disarankan agar kepala sekolah lebih meningkatkan sarana dan prasaran untuk mendukung proses belajar. Serta hendak nya guru lebih mempersiapan perencanaan pembelajaran, serta terus mengembangkan metode pembelajaran agar sesuai dengan konsi kelas, serta karakteristik, dan kemampuan siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Metode, Mimicry Memorization, Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab |
Depositing User: | MARISSA |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 02:59 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 02:59 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36777 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |