Penerapan Metode Peer Teaching Berbasis Aplikasi Prezi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 7 Kota Jambi

Sitompul, Veronica (2022) Penerapan Metode Peer Teaching Berbasis Aplikasi Prezi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 7 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Abstrak-1.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB 1 (1).pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB 5 (1).pdf

Download (168kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (401kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan, Halaman Pengesahan.pdf

Download (326kB)
[img] Text
Veronica Sitompul-A1A218033.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Sitompul, Veronica. 2022. Penerapan Metode Peer Teaching Berbasis Aplikasi Prezi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 7 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah dan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (I) Drs. Budi Purnomo, M.Hum., M.Pd. (II) Isrina Siregar, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Metode Peer Teaching, Aplikasi Prezi, Hasil Belajar Sejarah. Rendahnya hasil belajar sejarah siswa di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 7 Kota Jambi disebabkan karena adanya beberapa masalah yang perlu diperbaiki. Beberapa masalah ini antara lain metode yang digunakan guru dalam pembelajaran di kelas belum maksimal sehingga masih banyak siswa yang tidak memperhatikan guru ketika mengajar di kelas, kemudian dalam berdiskusi siswa juga cenderung masih bersikap pasif. Hal ini dikarenakan belum tepatnya pemilihan metode dan media yang digunakan guru dalam pembelajaran sejarah, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar sejarah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sejarah siswa dengan menggunakan metode peer teaching berbasis aplikasi prezi pada mata pelajaran sejarah peminatan kelas XI IPS 3 SMA Negeri 7 Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 7 Kota Jambi. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 sebanyak 27 siswa, teknik analisis menggunakan analisi deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 7 Kota Jambi yang menggunakan metode peer teaching berbasisi aplikasi prezi. Nilai hasil tes siswa pada pra siklus persentasenya 62,97% dengan nilai rata-rata 72,03 dengan kategori baik, pada siklus I mengalami peningkatan yang persentasenya 70,37% dengan nilai rata-rata 78,14 dengan kategori baik, serta pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan dengan persentase 85,15% dengan nilai rata-rata 80,74 dengan kategori sangat baik. Pada lembar angket tanggapan siswa pada siklus I persentasenya 76,33% dengan kategori baik, pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yaitu persentasenya 86,07% dengan kategori sangat baik. Hal ini ditunjukan pada persentasenya yang mengalami peningkatan disetiap siklusnya. Berdasarkan hasil diatas penerapan metode peer teaching berbasis aplikasi prezi berhasil meningkatkan hasil belajar sejarah siswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Metode Peer Teaching, Aplikasi Prezi, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SITOMPUL
Date Deposited: 14 Jul 2022 03:27
Last Modified: 14 Jul 2022 03:27
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36798

Actions (login required)

View Item View Item