Implementasi Model Game Based Learning Berbasis Teka Teki silang Untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI MIPA 1 MA laboraturium Kota Jambi.

FEBRIANTY, MARIAM (2022) Implementasi Model Game Based Learning Berbasis Teka Teki silang Untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI MIPA 1 MA laboraturium Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (518kB)
[img] Text
BAB 1 SKRIPSI.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB IV SIDANG.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN SIDANG.pdf

Download (191kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (541kB)
[img] Text
ilovepdf_merged (8)_compressed.docx
Restricted to Repository staff only

Download (789kB)

Abstract

Salah satu ciri pengajaran yang efektif adalah pengajaran yang menyediakan kesempatan belajar sendiri atau melakukan aktifitas sendiri. Model GBL berbasis teka teki silang sebagai salah satu model pembelajaran yang memperhatikan keaktifan dalam proses pembelajaran melalui diskusi dengan menggunakan media yang bervariasi untuk menunjang minat dan motivasi belajar sejarah dalam diri peserta didik. jPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menggambarkan indikator peningkatan dari keberhasilan setiap siklus dari pembelajaran melalui model GBL, serta untuk mengetahui bagaimana implementasi model GBL berbasis teka teki silang dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar sejarah. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, hasil observasi serta analisis dan refleksi. Penelitian ini berlokasi di MA Laboraturium Kota Jambi. Subjek penelitian adalah 22 siswa terdapat 13 putra dan 9 putri. Data yang diambil berupa tes akhir siklus, hasil pengamatan observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh pengamatan penerapan model GBL berbasis teka teki silang pada siklus 1 masih dalam kategori cukup baik pada siklus II dan III dalam kategori sangat baik ini berarti ada perubahan minat dan motivasi belajar kearah yang lebih baik. Presentase sebelum diterapkannya model GBL berbasis teka teki silang yaitu presentase minat 56% dan motivasi 60%. Pada siklus I presentase minat 70% dan presentase motivasi 76% serta siklus III presentase minat 82% dan presentase motivasi 87%. presentase nilai dari pra siklus, Siklus I, II dan III menunjukkan adanya penigkatan yang berarti ada peningkatan minat dan motivasi belajar sejarah peserta didik. Dengan demikian diperoleh simpulan bahwa melalui model GBL berbasis teka teki silang dapat digunakan untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa kelas XI MIPA 1 MA Laboraturium Kota Jambi dalam pembelajaran sejarah. Oleh karena itu disarankan untuk pembelajaran selanjutnya menggunakan model GBL berbasis teka teki silang agar minat dan motivasi belajar sejarah meningkat

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Game Based Learning, Teka Teki Silang, Minat, Motivasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Febrianty
Date Deposited: 13 Jul 2022 02:44
Last Modified: 13 Jul 2022 02:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36820

Actions (login required)

View Item View Item