Implementasi Model Reading, Mind Mapping, And Sharing (RMS) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Kritis dalam Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA 11 Tanjung Jabung Barat

Hidayati, Nur (2022) Implementasi Model Reading, Mind Mapping, And Sharing (RMS) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Kritis dalam Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA 11 Tanjung Jabung Barat. S1 thesis, Pendidikan Sejarah.

[img] Text
Nur Hidayati SKRIPSI untuk CD (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
Cover Repositori.pdf

Download (20kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan, Pengesahan.pdf

Download (467kB)
[img] Text
ABSTRAK REPOSITORI.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB 1 REPOSITORI.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB 5 REPOSITORI.pdf

Download (278kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ELISTA (1).pdf

Download (481kB)

Abstract

Kata Kunci: Reading Mind Mapping And Sharing (RMS), Keterampilan Berpikir Kreatif, Keterampilan Berpikir Kritis Abad 21 diketahui sebagai masa pengetahuan dengan percepatan pengetahuan yang luar biasa. Guna memenuhinya, maka siswa dapat dikembangkan keterampilan berpikir kreatif dan kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi model RMS untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan kritis dalam pembelajaran sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA 11 Tanjung Jabung Barat. Penelitian ini dilaksanakan di SMA 11 Tanjung Jabung Barat. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS SMA 11 Tanjung Jabung Barat. Jenis penelitian ini adalah adalah penelitian tindakan kelas, teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara, kuantitatif dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan peningkatan keterampilan berpikir kreatif dan kritis dengan menggunakan model RMS. Pada tindakan 1 siklus 1 nilai rata – rata angket untuk keterampilan berpikir kreatif adalah 76,42 dan untuk keterampilan berpikir kritis nilai rata – rata angket adalah 81,37. Pada tindakan 2 siklus 1 nilai rata – rata angket untuk keterampilan berpikir kreatif adalah 76,82 dan untuk keterampilan berpikir kritis nilai rata – rata angket adalah 82,88. Pada tindakan 1 siklus 2 nilai rata – rata angket untuk keterampilan berpikir kreatif adalah 77,5 dan untuk keterampilan berpikir kritis nilai rata – rata angket adalah 83,19. Pada tindakan 2 siklus 2 nilai rata – rata angket untuk keterampilan berpikir kreatif adalah 78,75 dan untuk keterampilan berpikir kritis nilai rata – rata angket adalah 83,98. Pada tindakan 1 siklus 3 nilai rata – rata angket untuk keterampilan berpikir kreatif adalah 79, 26 dan untuk keterampilan berpikir kritis nilai rata – rata angket adalah 84, 04. Pada tindakan siklus 1 nilai rata – rata angket untuk keterampilan berpikir kreatif adalah 81,42 dan untuk keterampilan berpikir kritis nilai rata – rata angket adalah 86,11. Keterampilan berpikir kritis juga diukur dengan soal HOTS setiap siklusnya, pada siklus 1 nilai rata – rata siswa adalah 51,53 dengan presentase 23,07 %. Pada siklus 2 mengalami kenaikan yang walaupun tidak signifikan nilai rata–ratanya yaitu 57,5 dengan presentase 31,25%. Pada siklus 3 nilai rata – rata siswa mengalami peningkatan yang cukup drastis nilai rata–rata menjadi 71,11 dengan presentase 77.77%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kreatif dan kritis dalam pembelajaran sejarah siswa dengan menggunakan model RMS. Hal itu ditunjukan dengan presentasenya mengalami peningkatan setiap siklusnya.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Reading Mind Mapping And Sharing (RMS), Keterampilan Berpikir Kreatif, Keterampilan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: HIDAYATI
Date Deposited: 13 Jul 2022 07:25
Last Modified: 13 Jul 2022 07:25
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36846

Actions (login required)

View Item View Item