AYU FIRNANDA, DEDE (2022) DAMPAK GAME ONLINE DI SMP NEGERI 10 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRISPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (102kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86kB) |
Abstract
ABSTRAK Judul : Dampak Game Online di SMP Negeri 10 Kota Jambi Penulis : Dede Ayu Firnanda Nim : A1E115015 Pembimbing : 1. Dr. Akmal Sutja, M.Pd 2. Affan Yusra, S.Pd., M.Pd Game online sangat berkembang pesat, semakin lama permainannya akan semakin seru untuk dimainkan. Baik itu dari tampilan, grafis permainan, resolusi gambar dan lain sebagainya untuk menarik pemain. Saat ini game online tidak lagi bermain sendirian (single), tetapi bisa bermain dengan beberapa orang sekaligus (multiplayer) dari berbagai lokasi, bahkan antar Negara. Skripsi ini membahas tentang “Dampak Game Online di SMP Negeri 10 Kota Jambi”. Penelitian ini menggambarkan fokus penelitian bagaimana dampak game online pada siswa kelas VIII D di SMP Negeri 10 Kota Jambi yang berjumlah 30 siswa. Adapun indikator-indikator permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini yaitu kecanduan,malas, kurang tidur, kerugian finansial, radiasi, dan malas mandi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sumber data yaitu data primer yang ditarik langsung dari responden berupa angket tentang dampak game online yang berjumlah 24 item, yang dibagikan untuk siswa kelas VIII D yang berjumlah 30 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian per indikator menunjukkan bahwa tingkatan kecanduan berada pada klasifikasi “sedang” dengan presentase 48%. Tingkatan malas berada pada klasifikasi “tinggi” dengan presentase 60,3%. Tingkatan kurang tidur berada pada klasifikasi “sedang” dengan presentase 48,3%. Tingkatan kerugian finansial berada pada klasifikasi “sedang” dengan presentase sebesar 41,7%. Tingkatan radiasi berada klasifikasi “sedang” dengan presentase 58,2%. Tingkatan malas mandi berada pada klasifikasi “tinggi” dengan presentase sebesar 64,3%. Dari hasil keseluruhan per indikator dapat disimpulkan bahwa dampak game online di SMP Negeri 10 Kota Jambi berada pada klasifikasi “sedang” dengan presentase 53,56%. Dengan adanya penelitian ini, untuk bimbingan konseling dapat memberikan kontribusi dalam mencegah dan menangani dampak negeatif game online sesuai dengan yang dirasakan dan yang dibutuhkan oleh siswa. Kata kunci: Dampak, Game Online
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dampak, Game Online |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | FIRNANDA |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 04:04 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 04:04 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36861 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |