nugroho, Anggia dwi and zakariyya, Syahrial and Alirmansyah, Alirmansyah (2022) MENINGKATKAN PEMBELAJARAN EFEKTIF DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN “PROBLEM BASED LEARNING” DI SDN 181/IX BERKAH. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text (MENINGKATKAN PEMBELAJARAN EFEKTIF DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN “PROBLEM BASED LEARNING” DI SDN 181/IX BERKAH)
Anggia Dwi Nugroho Skripsi Revisi (5).pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
Cover,DAFTAR ISI ,TABLE, LAMPIRAN.pdf Download (388kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (407kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK..pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (50kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (39kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf Download (47kB) |
Abstract
ABSTRAK Dwi Nugroho, Anggia. 2022. Meningkatkan Pembelajaran Efektif Menggunakan Pemebelajaran problem based learning di SDN 181/IX Berkahh : Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Syahrial, M. Ed., Ph.D, (II) Alirmansyah, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Efektif, model pembelajaran berbasis masalah, keaktifan belajar Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 181/IX Berkah pada Maret 2022. Data penelitian ini diperoleh dengan cara melakukan observasi pembelajaran efektif dalam proses pembelajaran, wawancara guru kelas, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan observasi pada kelas II SDN 181/IX Berkah dan wawancara terhadap guru kelas, peneliti menemukan permasalahan tentang masih rendahnya pembelajaran efektif dalam proses pembelajaran. Siswa sering merasa bosan dan jenuh saat pembelajaran berlangsung dan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru masih minim, berdampak pada materi yang dipelajari siswa tidak diserap dengan baik . Pada penelitian ini merupakan suatu Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui pembelajaran efektif dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah kelas II SDN 181/IX Berkah. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran tematik pada kelas II mampu meningkatkan pembelajaran efektif. Peningkatan tersebut dapat terlihat pada analisis data setiap siklus. Siklus I sebanyak 66,8%. Pada siklus II sebanyak 89,8% mengalami peningkatan sebanyak 23%. Dan pada penilaian harian yang mereka dapatkan pada siklus I sebanyak 57,7% dan pada siklus II sebanyak 86,1%. Mengalami peningkatan pada penilaian harian yaitu 28,4%. Dari hasil penelitian ini disarankan guru memberikan pemecahan permasalahan yang konkret dialami oleh siswa, lalu guru memberi kesempatan kepada siswa yang jarang aktif dalam proses pembelajaran untuk menyampaikan hasil pemecahan masalah sehingga akan melatih keberaniannya. Guru hendaknya mengajar dengan santai dan tidak terlalu formal pada saat mengajar dan harus lebih dekat dengan siswa pada saat proses pembelajaran dan jangan menggunakan metode ceramah Tujuan dan manfaat dari pembelajaran harus jelas dan tepat sesuai dengan materi yang dipelajari.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Efektif, model pembelajaran berbasis masalah, keaktifan belajar |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AI Indexes (General) Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AI Indexes (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | NUGROHO |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 04:18 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 04:18 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36862 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |