Noviyanti, Tri (2018) PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS EDMODO PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI SMA NEGERI 5 JAMBI. PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS EDMODO PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI SMA NEGERI 5 JAMBI. p. 257.
Text
P2A715008-JURNAL.docx Download (29kB) |
Abstract
Noviyanti, Tri. 2017. Pengembangan Media E-Learning Berbasis Edmodo pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di SMA Negeri 5 Jambi, Program Pascasarjana Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Ekawarna, M.Psi., (II) Dr. Hj. Farida Kohar, M.P. Kata Kunci : media, e-learning, edmodo, ekonomi Keterbatasan waktu dan ruang gerak bagi guru untuk menyampaikan materi di dalam kelas, kejenuhan dalam belajar, dan pendeknya durasi diskusi bagi siswa merupakan beberapa masalah yang ditemukan di sekolah. Sehingga diperlukan inovasi pembelajaran yang variatif agar siswa menjadi lebih tertarik memperhatikan materi belajar yang disampaikan guru, dan proses penyampaiannya dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun, serta adanya keleluasaan waktu belajar agar lebih banyak materi bisa tersampaikan dengan baik. Paradigma sistem pendidikan yang semula berbasis konvensional dengan mengandalkan tatap muka secara langsung, kini mulai beralih menjadi sistem pendidikan yang tidak dibatasi oleh ruang dan waktu dengan sentuhan dunia teknologi informasi yang dikenal dengan istilah e-Learning. Penggunaan media e-Learning dalam kegiatan pembelajaran menjadi tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui kriteria produk pengembangan media e-Learning berbasis Edmodo pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI di SMA Negeri 5 Jambi dan untuk mengetahui peran produk pengembangan media e-Learning berbasis Edmodo dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI di SMA Negeri 5 Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analisis, Desain/Perancangan, Pengembangan/ Produksi, Implementasi, dan Evaluasi). Pemilihan model pengembangan yang baik akan menghasilkan produk yang efektif dan efisien. Ketepatan pemilihan model pengembangan akan menghasilkan produk yang tepat. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan media e-Learning berbasis Edmodo memenuhi kriteria sebagai media pembelajaran yang informatif, komunikatif, dan fleksibel. Selain itu, hasil belajar kognitif juga mengalami peningkatan. Dengan penggunaan media e-Learning berbasis Edmodo durasi waktu yang pendek untuk melakukan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka dapat teratasi. Bahkan dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar tanpa tatap muka di luar kelas (di luar jam efektif sekolah). Tidak hanya dapat digunakan untuk memberikan materi atau bahan ajar kepada siswa, media e-Learning berbasis Edmodo juga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan diskusi siswa dan penilaian belajar siswa. Sehingga jam belajar efektif bisa digunakan lebih banyak untuk kegiatan belajar mengajar dengan media e-Learning dan dapat dilakukan secara berkesinambungan.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | ?? sch_soc ?? |
Depositing User: | TRI NOVIYANTI |
Date Deposited: | 15 Mar 2018 01:04 |
Last Modified: | 15 Mar 2018 01:04 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3690 |
Actions (login required)
View Item |