ANALISIS KOMPETENSI STRATEGIS MATEMATIS SISWA DENGAN GAYA BELAJAR ASSIMILATOR PADA PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP

Angraini, Mita Elvana ANALISIS KOMPETENSI STRATEGIS MATEMATIS SISWA DENGAN GAYA BELAJAR ASSIMILATOR PADA PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA. (Unpublished)

[img] Text
1. Artikel Ilmiah mita.pdf

Download (433kB)

Abstract

Kompetensi strategis matematis merupakan salah satu dari lima kecakapan matematika yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Kompetensi strategis matematis ini memiliki peranan yang dominan dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Kemampuan ini mendorong siswa mampu memformulasikan masalah, memilih informasi yang relevan dan merepresentasikan masalah tersebut sehingga dapat memecahkan masalah matematika tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kompetensi strategis matematis siswa dengan gaya belajar assimilator dan strategi pemecahan masalah yang dominan digunakan siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian Kualitatif-deskriptif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal pemecahan masalah matematika materi SPLDV dan setelah selesai mengejakan soal dilakukan tes wawancara untuk menelusuri kompetensi strategis matematis siswa assimilator dalam pemecahan masalah matematika. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C yang memiliki gaya belajar assimilator. Hasil penelitian dalam penelitian ini menunjukan siswa assimilator ketiga, keempat, dan kelima memenuhi keenam indikator kompetensi strategis matematis yaitu mampu memahami situasi serta kondisi dari suatu permasalahan, menemukan kata kunci serta mengabaikan hal-hal yang tidak relevan, menyajikan masalah secara matematik dalam berbagai bentuk, memilih penyajian yang cocok, memilih metode penyelesaian yang efektif, dan menemukan solusi dari permasalahan yang diberikan. Sedangkan siswa assimilator pertama, kedua dan keenam hanya memenuhi lima indikatornya, indikator yang tidak terpenuhi yaitu menemukan solusi dari permasalahan yang diberikan. Secara keseluruhan semua subjek assimilator memiliki kompetensi strategis matematis yang cukup tinggi. Hal ini terlihat dari jawaban tertulis dan transkrip wawancara mereka. Adapun strategi pemecahan masalah yang dominan digunakan subjek adalah menemukan pola, menyederhanakan masalah yang serupa, mengorganisasikan data, dan bernalar secara logis.

Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mita Elvana Angraini
Date Deposited: 15 Mar 2018 01:04
Last Modified: 15 Mar 2018 01:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3692

Actions (login required)

View Item View Item