PENGGUNAAN APLIKASI PRESENTASI ONLINE POWTOON OLEH GURU MATEMATIKA NON DIGITAL NATIVE UNTUK MEMBUAT MEDIA DAN DITERAPKAN PADA PROSES PEMBELAJARAN

Pernanda, Dicky PENGGUNAAN APLIKASI PRESENTASI ONLINE POWTOON OLEH GURU MATEMATIKA NON DIGITAL NATIVE UNTUK MEMBUAT MEDIA DAN DITERAPKAN PADA PROSES PEMBELAJARAN. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA. (Unpublished)

[img] Text
RSA1C211002 ARTIKEL.pdf

Download (951kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada masa sekarang, sehingga semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Dari para guru non digital native ini, ada yang merasa media ICT ini terlalu sulit dipahami Oleh karena itu, peneliti berusaha memberikan opsi sebuah aplikasi presentasi online yang sangat mudah dipelajari oleh para guru non digital native ini. Aplikasi presentasi online ini bernama PowToon. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru matematika non digital native dalam proses mempelajari aplikasi PowToon, untuk mengetahui persepsi guru terhadap aplikasi PowToon dalam proses pembuatan media pembelajaran, serta untuk mengetahui persepsi siswa terhadap media pembelajaran yang dibuat dengan aplikasi PowToon oleh guru matematika non digital native. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah dua orang guru Matematika non digital natives di SMAN 11 Jambi. Instrumen dalam penelitian ini yaitu diary, pedoman wawancara, dan angket. Hasil penelitian yang terlihat dari diary yang telah dibuat para guru tersebut menunjukkan persepsi guru matematika non digital native dalam proses mempelajari aplikasi PowToon adalah positif,. Sedangkan persepsi guru matematika non digital native yang disimpulkan berdasarkan data wawancara terhadap aplikasi PowToon dalam proses pembuatan media pembelajaran positif, dan berdasarkan analisa pengolahan data dari 70 siswa yang menjadi sampel penelitian diperoleh 12 orang siswa atau 17,14% yang berada dalam kategori sangat tinggi, 58 orang siswa atau 82,85% yang berada dalam kategori tinggi, dan 10 orang siswa atau 14,28% yang berada kategori sedang. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa SMA Negeri 11 Kota Jambi telah memiliki tingkat persepsi dan ketertarikan yang tinggi terhadap media pembelajaran yang telah dibuat oleh guru matematika non digital native.

Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: DICKY FERNANDA J
Date Deposited: 15 Mar 2018 01:05
Last Modified: 15 Mar 2018 01:05
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3694

Actions (login required)

View Item View Item