PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TERINTEGRASI DENGAN VIDEO PENUNJANG PRAKTIKUM BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI RADIASI TERMAL DAN DIFRAKSI LASER

Ziarah, Hikmah (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TERINTEGRASI DENGAN VIDEO PENUNJANG PRAKTIKUM BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI RADIASI TERMAL DAN DIFRAKSI LASER. S1 thesis, pendidikan fisika.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
COVER-DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (415kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (810kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (116kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)

Abstract

Ziarah, Hikmah. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Terintegrasi dengan Video Penunjang Praktikum Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Radiasi Termal dan Difraksi Laser. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Sri Purwaningsih, S.Si., M.Si, (II) Haerul Pathoni, S,Pd., M.Pfis. Kata Kunci : Pengembangan, Video, Praktikum, Radiasi Termal, Difraksi Laser Proses perkuliahan merupakan inti dari kegiatan pendidikan di universitas, diantaranya pembelajaran materi maupun praktikum di laboratorium, sehingga dampak pandemi Covid-19 seperti sekarang ini membuat mahasiswa sulit untuk melaksanakan kegiatan belajar di kelas maupun untuk melakukan percobaan di laboratorium dan mengharuskan mahasiswa untuk melaksanakan proses belajar secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mendesain video penunjang praktikum, untuk mengetahui kelayakan video penunjang praktikum, dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap video penunjang praktikum berbasis problem based learning pada materi radiasi termal dan difraksi LASER di pendidikan fisika Universitas Jambi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan four-D (4-D) yang terdiri dari tahap pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Development), dan penyebaran (Disseminate). Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa reguler A angkatan 2019 Pendidikan Fisika Universitas Jambi yang telah selesai mengontrak mata kuliah Fisika Modern. Pada penelitian ini menggunakan pengumpulan data berupa angket, wawancara, angket validasi materi, dan angket validasi media. Dari hasil penelitian ini validasi media pada tahap I diperoleh skor sebesar 69,6% dan tahap II diperoleh skor sebesar 92,5%. Pada validasi materi yaitu ditahap I diperoleh skor sebesar 93,75% dan tahap II diperoleh skor sebesar 100%. Sedangkan pada respon mahasiswa untuk keseluruhan indikator diperoleh skor sebesar 82,87% dan respon dosen pengampu mata kuliah fisika modern diperoleh skor 100% sehingga video penunjang praktikum radiasi termal dan difraksi LASER berbasis problem based learning siap digunakan sebagai media penunjang praktikum. Berdasarkan hasil pengembangan dan uji coba yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa video penunjang praktikum didesign dengan menggunakan wondershare filmora dan video penunjang praktikum radiasi termal dan difraksi LASER ini sudah dinyatakan layak untuk digunakan dalam mengukur tingkat pemahaman konsep mahasiswa pada praktikum radiasi termal dan difraksi LASER, hal ini didasari oleh hasil validasi tim ahli materi dan tim ahli media serta hasil uji coba dengan mahasiswa dapat dipercaya untuk digunakan dalam mengukur tingkat pemahaman konsep pada praktikum radiasi termal dan difraksi LASER.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, video, praktikum, Radiasi Termal, Difraksi LASER
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: ZIARAH
Date Deposited: 14 Jul 2022 04:57
Last Modified: 14 Jul 2022 04:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36956

Actions (login required)

View Item View Item