Azwar, Azwar Analisis Minat Siswa Pada Pemilihan Kelas Peminatan di Kelas X MIA SMA Negeri Se Kabupaten Tebo. Biodik.
Text
ARTIKEL-AZWAR.pdf Download (983kB) |
Abstract
Abstrak. Keterlaksanaan kelas peminatan yang terjadi belum sepenuhnya berjalan dengan baik. Hal ini dilihat dari ketentuan pemilihan kelas peminatan yang seharusnya memenuhi aspek-aspek dalam pemilihan dan penetapan peminatan peserta didik yaitu prestasi peserta didik, prestasi non akademik, nilai ujian nasional, pernyataan minat peserta didik, cita-cita, perhatian orang tua, dan deteksi potensi. Salah satu komponen penting dalam pelayanan peminatan peserta didik adalah pengukuran terhadap aspek penilaian peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat siswa pada pemilihan kelas peminatan di Kelas X MIA SMA Negeri Se Kabupaten Tebo. Rancangan penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa lembar angket, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan minat siswa pada pemilihan kelas peminatan di kelas X MIA SMA Negeri Se Kabupaten Tebo tinggi. Hal ini dapat dilihat dari perolehan persentase hasil angket minat siswa diperoleh minat siswa pada kriteria tinggi 70,81%. Berdasarkan observasi minat siswa pada pemilihan kelas peminatan dikelas X MIA berada pada kriteria sangat tinggi 74,02%, tinggi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa minat siswa pada pemilihan kelas peminatan di kelas X MIA SMA Negeri Se Kabupaten Tebo berada pada rata-rata kriteria Tinggi. Berdasarkan penelitian ini disarankan agar guru mendesain pembelajaran di kelas peminatan agar pembelajaran lebih menyenangkan sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Kata kunci: Analisis, Minat Siswa, Kelas Peminatan.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | AZWAR |
Date Deposited: | 15 Mar 2018 01:05 |
Last Modified: | 15 Mar 2018 01:05 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3697 |
Actions (login required)
View Item |