IRAWATI, EVA (2022) PENERAPAN TEKNIK AVERSI UNTUK MENGURANGI PERILAKU RESTLESS LEGS SYNDROME DALAM LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL SISWA KELAS VIII DI SMP N 17 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (367kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (329kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (301kB) |
Abstract
ABSTRAK Judul Skripsi :Penerapan Teknik Aversi Untuk Mengurangi lPerilaku Restless Legs Syndrome Dalam VLayanan lKonseling Individual Siswa Kelas VVIII Di SMP N 17 Kota Jambi Nama : Eva Irawati NIM : A1E115046 Dosen Pembimbing I : Dr. Drs. Akmal Sutja, M.Pd Dosen Pembimbing II : Rully Andi Yaksa, S.Pd, M.Pd Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan survey yang peneliti lakukan di SMP N 17 Kota Jambi ditemukan adanya perilaku restless legs syndrome (sindrom kaki gelisah) atau kebiasaan menggoyang-goyangkan kaki siswa saat belajar di kelasnya. Perilaku RLS ini sudah ditahap menggangu kehidupan siswa di sekolah karena sering kali siswa ditegur gurunya saat belajar karena kakinya tidak bisa tenang ketika guru sedang menjelaskan pelajaran di kelas. Perilaku ini timbul ketika siswa sedang duduk di kelas. Siswa merasa gelisah dan merasakan sensasi yang tidak menyenangkan ketika diminta untuk berhenti menggoyang-goyangkan kakinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan teknik aversi untuk mengurangi perilaku restless legs syndrome. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Layanan (PTL) dalam layanan konseling individual. Penelitian ini dilaksanakan dalam (3) tiga tindakan, tindakan pertama dilaksanakan dalam (1) minggu dengan frekuensi (1) kali pertemuan, tindakan kedua dilaksanakan berdasarkan refleksi terhadap tindakan pertama dan tindakan ketiga dilaksanakan berdasarkan refleksi tindakan kedua. Setelah dilakukan tindakan layanan ditemukan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teknik aversi dalam mengurangi perilaku restless legs syndrome pada siklus ke-3 lebih baik dan meningkat daripada siklus ke-1 dan siklus ke-2. Pemberian teknik aversi membantu subjek untuk mengurangi perilaku restless legs syndrome. Pemberian aversi berupa memepuk kaki subjek secara bertahap dalam jangka waktu yang ditentukan membantu subjek berusaha untuk menahan subjek menggoyangkan kakinya. Subjek diajak berkomitmen mengurangi perilaku restless legs syndrome agar tidak menggangu keseharian subjek tersebut. Hal tersebut akhirnya membuat subjek mampu mengurangi perilaku restless legs syndrome yang dialaminya. Kata Kunci : Teknik Aversi, Restless Legs Syndrome, Konseling Individual
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teknik Aversi, Restless Legs Syndrome, Konseling Individual |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | IRAWATI |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 03:08 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 03:08 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36975 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |