Darini, Darini (2022) IMPLEMENTASI LESSON STUDY UNTUK MENGIDENTIFIKASI KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN TBLA (TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS) KELAS XI IPA 3 DI SMAN 9 KOTA JAMBI. S1 thesis, pendidikan fisika.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (238kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (286kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran Fisika kurang bersemangat dan lebih banyak diam sehingga kurangnya suasana yang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi lesson study menggunakan TBLA (Transcript Based Lesson Analysis) dan mengidentifikasi keaktifan belajar peserta didik melalui lesson study menggunakan TBLA pada materi Gelombang Berjalan dan Gelombang Stasioner dikelas XI IPA 3 SMAN 9 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMAN 9 Kota Jambi dengan subjek penelitian peserta didik kelas XI IPA 3 yang beranggotakan 18 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix method dimana peneliti mengumpulkan data kualitatif dan data data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh berupa dokumentasi seperti video/rekaman dengan proses pembelajaran dengan implementasi lesson study menggunakan TBLA. Data kuantitatif yang diperoleh dalam penelitian ini berupa instrumen keaktifan belajar yang digunakan para observer untuk mengamati semua kegiatan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi lesson study untuk mengidentifikasi keaktifan belajar peserta didik yang dilakukan sebanyak dua siklus dengan tahapan plan, do, see. Indikator keaktifan yang diidentifikasi yakni kemampuan bertanya, menjawab,dan argumentasi/solusi. Penelitian ini sudah dikatakan berjalan dengan baik, ditandai dengan tercapainya indikator yang dibutuhkan peneliti. Dengan adanya lesson study dapat mengidentifikasi keaktifan peserta didik dalam belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan pada penelitian ini hanya membahas bagaimana implementasi lesson study menggunakan TBLA pada proses pembelajaran fisika. Oleh karena itu penelitian sejenis mengenai implementasi lesson study dapat meneliti proses pembelajaran lainnya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lesson Study, TBLA, Keaktifan Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Darini |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 08:24 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 08:24 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36993 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |