Analisis Kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Guru IPA dalam Memotivasi Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 17 Kota Jambi

Arisandy, Difia (2022) Analisis Kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Guru IPA dalam Memotivasi Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 17 Kota Jambi. S2 thesis, Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
Cover.pdf

Download (193kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (336kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (445kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN .pdf

Download (427kB)

Abstract

Perkembangan pembelajaran di era teknologi saat ini memiliki keunikan dibandingkan dengan era sebelumnya. Saat ini semua proses pembelajaran dituntuk untuk selalu menggunakan teknologi. Teknologi dapat membantu memotivasi peserta didik dan meningkatkan keterampilan seperti kemampuan berkomunikasi, berpikir kreatif, kritis, dan kemampuan untuk memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan TPACK guru IPA di SMPN 17 Kota Jambi dan mengetahui bagaimana kemampuan TPACK guru dalam memotivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian mix methods dengan alat pengumpulan data berupa angket yang diberikan kepada guru IPA dan peserta didik kelas IX. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan TPACK guru yang dibagi menjadi beberapa kompetensi yaitu kemampuan PK 80,8% , TK 65,8%, CK 83,3%, TCK 80%, TPK 66% dan TPACK 77,2% yang semuanya temasuk kategori cukup, sedangkan PCK 89,2% termasuk kategori baik. Kemampuan TPACK guru dalam memotivasi belajar siswa termasuk dalam kategori baik. Uji regresi sederhana menunjukkan kemampuan TPACK guru tehadap motivasi belajar siswa berpengaruh nyata. Dengan demikian disimpulkan bahwa kemampuan TPACK guru sangat penting dalam memberikan motivasi kepada siswa, seingga motivasi yang diberikan guru berdampak pada adanya rasa ketertarikan dan siswa merasa bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Kata Kunci : IPA, Motivasi belajar, TPACK

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: ARISANDY
Date Deposited: 14 Jul 2022 07:44
Last Modified: 14 Jul 2022 07:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36994

Actions (login required)

View Item View Item