Implementasi metode blended learning dalam peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 3 SMA Negeri 3 Jambi

Anggelia, Foni Refika (2022) Implementasi metode blended learning dalam peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 3 SMA Negeri 3 Jambi. S1 thesis, Pendidikan Sejarah.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[img] Text
cover0200015648.pdf

Download (144kB)
[img] Text
HALAMAN_PENGESAHAN foni_compressed.pdf

Download (30kB)
[img] Text
skripsi foni.pdf

Download (4MB)
[img] Text
skripsi foni_compressed_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Refika, Anggelia, Foni. 2022. Implementasi Metode Blended Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 3 Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (I) Prof. Dr. Mahdi Bahar. S.Kar., M.Hum., (II) Anny Wahyuni, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Blended Learning, Hasil Belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri-III Jambi menggunakan metode blended learning pada mata pelajaran sejarah. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri-III Jambi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri-III Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara, kuantitatif, dan dokumentasi. Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil sebagai berikut: siklus I tindakan I didapatkan hasil belajar pada ranah afektif 19,5%, ranah psikomotor 22,2%, dan ranah kognitif 36,2%. Sedangkan pada tindakan II didapatkan hasil belajar pada ranah afektif 27,7%, ranah psikomotor 25%, dan ranah kognitif 38,8%. Pada siklus II tindakan I diperoleh hasil belajar pada ranah afektif 36,1%, ranah psikomotor 33,4%, dan ranah kognitif 41,6%. Sedangkan pada tindakan II didapatkan hasil belajar pada ranah afektif 38,8%, ranah psikomotor 38,8%, dan ranah kognitif 55,5%. Pada siklus III tindakan I diperoleh hasil belajar pada ranah afektif 63,9%, ranah psikomotor 41,6%, dan ranah ranah kognitif 61,2%. Sedangkan pada tindakan II didapatkan hasil belajar ranah afektif 72,3%, ranah psikomotor 58,3%, dan ranah kognitif 77,7%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri-III Jambi dengan menggunakan metode blended learning. Oleh karena itu, metode blended learning dapat diimplementasikan oleh pihak sekolah dalam proses pembelajaran sehingga kegiatan pembelajaran secara tatap muka terbatas dapat berjalan secara efektif dan lebih efisien

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Blended Learning, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Anggelia
Date Deposited: 15 Jul 2022 03:53
Last Modified: 15 Jul 2022 03:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36999

Actions (login required)

View Item View Item