Putri, Melda EKa (2022) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS BLENDED LEARNING UNTUK PENINGKATAN HIGH ORDER THINKING SKILL SISWA SMA PADA MATERI KIMIA ASAM DAN BASA. S2 thesis, Magister Pendidikan Kimia.
![]() |
Text
1 COVER.pdf Download (23kB) |
![]() |
Text
2 HAL PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (531kB) |
![]() |
Text
3 ABSTRAK.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text
4 KESIMPULAN.pdf Download (6kB) |
![]() |
Text
5 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (20kB) |
Abstract
ABSTRAK Putri, Melda Eka. 2022. Pengembangan E-LKPD Berbasis Blended Learning Untuk Peningkatan HOTS Siswa SMA Pada Materi Kimia Asam Dan Basa. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Kimia, Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dr. Drs. Haryanto, M.Kes. (II) Dr. Drs. Ngatijo, M.Si Kata kunci: Blended Learning; e-LKPD; HOTS; Asam Basa Jenis pembelajaran yang mengacu pada pembelajaran Abad 21 dapat diterapkan melalui Program e-learning, salah satunya yakni pembelajaran Blended Learning. Blended Learning sendiri memiliki kelebihan yaitu dapat meningkatkan elemen interaksi sosial, yaitu adanya interaksi yang lebih intensif antara pengajar dengan siswa, serta menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan tidak monoton pada materi kimia. Tak terkecuali pada materi asam basa dengan karakteristik materinya yang bersifat abstrak dan kontekstual dapat dioptimalkan pencapaian tujuan pembelajarannya melalui pengembangan suatu e-LKPD. Dalam proses pembelajaran di kelas, penggunaan e-LKPD memerlukan suatu model pembelajaran yang memuat tahapan yang jelas untuk penerapannya dalam hal ini peneliti menggunakan Model Problem Based Learning. Model pembelajaran ini dianggap cocok karena model ini memberikan kesempatan siswa untuk mampu meningkatkan High Order Thinking Skill (HOTS) siswa belajar secara mandiri baik online maupun offline (Blended Learning). Dengan adanya mengkombinasikan belajar mandiri yang memungkinkan siswa belajar kapan saja dan dimana saja secara online. Dan mengkombinasikan kolaborasi, baik kolaborasi pengajar, maupun kolaborasi antara siswa pada saat tatap muka pada pembelajaran blended learning ini, diharapkan mampu meningkatkan HOTS siswa terutama materi asam basa. ABSTRACT Putri, Melda Eka. 2022.. Develop a blended learning-based electronic students activity sheet to improve students’ high-order thinking skills for acid and base materials. Chemistry Education Study Program in Jambi University. Supervisor (I) Dr. Drs. Haryanto, M.Kes. (II) Dr. Drs. Ngatijo, M.Si Keywords: Blended Learning; e-LKPD; High Order Thinking Skills; Acid Base. Type of learning in the 21st century can be applied to e-learning programs, by applying the Blended Learning type of learning. Blended Learning can increase elements of social interaction, and more intensive interaction between teachers and students, as well as create a learning atmosphere that is fun and not monotonous. The characteristics of acid and base materials that are abstract and contextual can be optimized for achieving learning objectives through the development of an e-LKPD. In the classroom learning process, the use of e-LKPD requires a learning model that contains clear stages for its application, researchers use the Problem Based Learning Model. This learning model is considered suitable because this model provides opportunities for students to be able to increase the HOTS of students to study independently both online and offline (Blended Learning). The combination of independent learning allows students to learn anytime and anywhere online. And combining collaboration, both teacher collaboration, and collaboration between students during face-to-face learning in this blended learning is expected to be able to improve Students' High Order Thinking Skills.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Blended Learning; e-LKPD; HOTS; Asam Basa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Putri |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 03:11 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 03:11 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37037 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |