Windra Gusva, Dhani (2022) PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS KEARIFAN LOKAL MATERI ZAT ADITIF DAN ZAT ADIKTIF UNUTK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI SAINS SISWA SMP. S2 thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
![]() |
Text
halaman sampul,pernyataan,pengesahan,daftar2.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I ok.pdf Download (146kB) |
![]() |
Text
BAB II ok.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) |
![]() |
Text
BAB III ok.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) |
![]() |
Text
BAB IV ok.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV ok.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V ok.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf Download (121kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Literasi sains menjadi pembahasan yang sangat krusial dan paling banyak dibicarakan oleh para akademisi dan praktisi di dunia pendidikan pada abad ke-21. Rendahnya literasi sains di Indonesia dapat diduga karena kurang diperhatikannya lingkungan sosial budaya sebagai sumber belajar. Kepemilikan budaya lokal indonesia sebagai sumber belajar perlu ditingkatkan, salah satu nya dalam bentuk Modul. Tujuan dari pengembangan ini ialah untuk mengetahui prosedur pengembangan, kelayakan modul berbasis kearifan lokal secara konseptual, kelayakan modul secara prosedural,, dan efektifitas modul berbasis kearifan lokal pada materi zat aditif dan zat adiktif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara, angke t, lembar validasi. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli media dan materi dilanjutkan dengan penilaian kesepakatan anatara 2 orang guru, uji coba satu-satu, dan ujicoba kelompok kecil pada siswa kelas VIII SMP Atthayyibah Kerinci. Hasil pengembangan berupa modul berbasis kearifan lokal pada materi zat aditif dan zat adiktif. Modul tersebut divalidasi oleh 2 orang ahli. Hasil perolehan skor dari validasi oleh ahli materi meningkat dari validasi pertama 59 menjadi 68 dengan kriteria “sangat layak”. Pada validasi ahli media, didapatkan peningkatan skir pada validasi pertama 53 menjadi 67pada validasi kedua. Produk juga dinilai oleh 2 orang guru, dan didapatkan hasil perolehan skor sebesar 66 oleh guru 1 dan 61 oleh guru 2 dengan kategori “sangat layak”. Hasil ujicoba satu-satu dilakukan dengan angket terbuka sehingga data direduksi dan didapatkan bahwa modul yang diberikan kepada pengguna terkategori “Baik sekali”. Hasil ujicoba kelompok kecil dengan menggunakan 2 kelompok didapatkan hasi uji agreementinterclass correlation coefficient adalah sebesar 0,573 dengan kategori “cukup”. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa modul ini layak digunakan sebagai bahan pembelajaran IPA.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | GUSVA |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 01:49 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 01:49 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37051 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |