Korelasi Sikap dan Percaya Diri Siswa Terhadap Pemahaman Konsep Pada Mata Pelajaran IPA selama Pembelajaran Daring

Anggraini, Lika (2020) Korelasi Sikap dan Percaya Diri Siswa Terhadap Pemahaman Konsep Pada Mata Pelajaran IPA selama Pembelajaran Daring. S2 thesis, Magister Pendidikan IPA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (182kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (157kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (38kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh sikap dan percaya diri siswa terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPA selama pembelajaran daring. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 7 Kota Jambi, dan SMP Negeri 19 Kota Jambi pada September 2020-Maret 2021. Desain penelitian yang digunakan yaitu mix method dengan rancangan sequential explanatory. Sampel total dalam penelitian ini berjumlah 596 siswa yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Data kuantitatif didapat melalui proses pengisian angket sikap siswa terhadap mata pelajaran IPA, angket percaya diri serta test pemahaman konsep siswa melalui google form yang telah peneliti sediakan. Setelah selesai pengambilan data, data kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa percaya diri siswa dominan pada indikator objektif, sikap siswa cenderung baik dan indikator paling dominan yaitu adopsi dari sikap ilmiah serta pemahaman konsep yang cukup, dan terdapat pengaruh sikap dan percaya diri siswa terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPA dengan presentase pengaruh sebesar 63,4% terhadap variabel terikat (pemahaman konsep) sedangkan sisanya sebesar 36,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain untuk siswa di SMP 7, sedangkan untuk siswa di SMP 19 terdapat pengaruh sikap dan percaya diri siswa terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPA dengan presentase pengaruh sebesar 57,2% terhadap variabel terikat (pemahaman konsep) sedangkan sisanya sebesar 42,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Setelah itu untuk memperkuat data kuantitatif peneliti mengambi data kualitatif dengan desain fenomenologi melalui wawancara. Hasil menganalisis data kualitatif menunjukkan bahwa dominannya keobjekitifan siswa timbul karena stimulus yang berasal dari kebiasaan mandiri belajar selama pembelajaran daring. Kedominanan indikator adopsi dari sikap ilmiah pada sikap siswa terhadap mata pelajaran IPA juga turut karna kebiasaan siswa akibat tuntutan sekolah yang membiasakan siswa untuk melakukan ujicoba mandiri dirumah. Sedangkan pemahaman konsep yang cukup terjadi karena keterbatasan skill guru dalam menggunakan media juga kurangnya penjelasan dari guru selama pembelajran daring. Sedangkan untuk pengaruh percaya diri dan sikap siswa terhadp mata pelajaran IPA dapat ditarik kesimpulan bahwa Ha diterima (terdapat pengaruh sikap dan percaya diri siswa terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPA). Implikasi penelitian ini yang pertama, kemandirian siswa selama belajar daring memunculkan koebjekitifan siswa dalam menyelesaikan masalah belajarnya hingga membangun percaya diri yang tinggi dalam diri siswa. Yang kedua, sikap siswa dibangun dari kegemaran siswa siswa bereksperimen dan berdemonstrasi pribadi selama pembelajaran daring. Yang ketiga, pemahaman konsep perlu dibangun dengan mengubah model dan strategi belajar, kerena selama pembelajaran daring ini jarang terjadi interaksi yang baik antara guru dengan siswa. Novelty peneltian ini yaitu, ditemukannya pengaruh percaya diri siswa dan sikap siswa pada mata pelajaran IPA selama pembelajaran daring. Kata Kunci: Pengaruh, percaya diri, sikap, pemahaman konsep, IPA, daring

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Lika Anggraini
Date Deposited: 15 Jul 2022 03:02
Last Modified: 15 Jul 2022 03:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37063

Actions (login required)

View Item View Item