Pasaribu, Lestari Mutiara Ramauli (2022) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat Jambi Rangkayo Hitam. S1 thesis, Universitas Jambi.
|
Text
SKRIPSI LESTARI GABUNGAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (667kB) |
|
|
Text
COVER.pdf Download (22kB) |
|
|
Text
Persetujuan dan Pengesahan.pdf Download (486kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (34kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (117kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (14kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (161kB) |
Abstract
ABSTRAK Pasaribu, Lestari Mutiara Ramauli. 2022. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Jambi Rangkayo Hitam. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing Skripsi : (I) Prof. H. Yundi Fitrah, Drs., M.Hum., Ph. D. (II) Hilman Yusra,S.Pd., M.Pd. Kata kunci : pendidikan, karakter, cerita rakyat Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam cerita rakyat Jambi Rangkayo Hitam. Pendekatan yang digunakan di dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan karena melihat kebutuhan dari waktu ke waktu bahwa pendidikan karakter itu tetap akan sangat dibutuhkan dalam kehidupan. Pendidikan karakter inilah yang akan membentuk perilaku para generasi penerus agar memiliki karakter sesuai dengan nilai-nilai. Selain dalam pembelajaran khusus, pendidikan karakter juga banyak ditemukan dalam cerita rakyat karena pada umumnya sebuah cerita ditulis pasti mengandung nilai-nilai yang menjadi pengajaran karakter bagi pembaca. Penelitian ini diawali dengan pembacaan beberapa jenis cerita yang dilakukan oleh peneliti dan dari berbagai pengarang, kemudian melakukan pemilihan terhadap cerita Rakyat Jambi Rangkayo Hitam, membaca cerita tersebut berulang kali, memahami cerita dan memberikan tanda terhadap kalimat yang tergolong ke dalam nilai pendidikan karakter, menganalisis secara cermat sehingga diperoleh data yang benar-benar termasuk dalam nilai-nilai pendidikan karakter. Hasil penelitian ini didapatkan berdasarkan delapan belas nilai pendidikan karakter menurut Kemendiknas (2010) dan ditemukan sembilan nilai pendidikan karakter dalam cerita ini. Sembilan nilai pendidikan karakter itu adalah 1) Religius, 2) Jujur, 3) Toleransi, 4) Disiplin, 5) Kerja keras, 6) Rasa ingin tahu, 7) Cinta damai, 8) Peduli sosial, dan 9) Tanggung jawab. Ada sembilan nilai pendidikan karakter yang tidak ditemukan dalam cerita ini yaitu: 1) kreatif , 2) mandiri, 3) demokratis, 4) semangat nasionalisme, 5) cinta tanah air, 6) menghargai prestasi, 7) komunikatif, 8) gemar membaca, dan 9) peduli lingkungan. Berdasakan hasil penelitian maka saran peneliti kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang kelak akan menjadi tenaga pengajar atau mahasiswa lain dimanapun berada serta yang mengambil Keguruan terutama Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia supaya dapat menggunakan cerita ini sebagai bahan ajar bagi peserta didik dalam materi pembentukan karakter karena dalam cerita ini banyak memuat nilai-nilai pendidikan karakter yang sangat bermanfaat bagi generasi muda dan mahasiswa.
| Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | pendidikan, karakter, cerita rakyat |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
| Depositing User: | PASARIBU |
| Date Deposited: | 18 Jul 2022 06:39 |
| Last Modified: | 18 Jul 2022 06:39 |
| URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37076 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
