PENGARUH PENERAPAN MODELPEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) DAN DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SMP NEGERI 14 KOTA JAMBI

Masitah, Masitah (2022) PENGARUH PENERAPAN MODELPEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) DAN DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SMP NEGERI 14 KOTA JAMBI. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
abstrak 1.pdf

Download (239kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (496kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (232kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (356kB)
[img] Text
tesis masitah -sidang - Revisi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (243kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Masitah, 2020. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran A uditory Intellectualy R epetition (AIR) dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar IPA di SMP Negeri 14 Kota Jambi. Tesis Program Magister IPA Universitas Jambi, Pembimbing : (1) Dr. Sri Purwaningsih, S,Si., M.Si, (II) Dr. Drs Jodion Siburian, M.Si Kemajuan suatu bangsa sangat tergantung dari kemajuan pendidikan, keberhasilan pendidikan ditentukan oleh banyak faktor, seperti guru, siswa dan model pembelajaran yang digunakan. .Pembelajaran IPA di SMP Negeri 14 Kota Jambi berlangsung dengan menggunakan model pembelajaran yang sudah sering digunakan yaitu model pembelajaran langsung. Yang sudah tidak cocok dengan karakter siswa yang baru, disamping itu penerapan model pembelajaran juga belum maksimal, penerapan model pembelajaran langsung didominasi metode ceramah, sehingga menyebabkan pembelajaran berpusat pada guru, akibatnya adalah rendahnya hasil belajar siswa. Diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa,. Model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 14 Kota Jambi adalah model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran AIR dan motivasi terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest grup kontrol. Jenis rancangan penelitian yang digunakan adalah desain factorial 2x2. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Jambi tahun ajaran 2020/2021. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol, sampel diambil dengan teknik random sampling.Data prestasi belajar diukur dengan menggunakan tes prestasi belajar dan data motivasi diukur dengan menggunakan angket motivasi. Data di analisis dengan menggunakan analisis varian dua jalur (Two Way Anova). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pada siswa motivasi tinggi dan motivasi rendah yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran AIR dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar pada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model AIR sebesar 36,25%., sedangkan pada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran langsung sebesar 16,06%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran dan motivasi belajar akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Kata Kunci : Model pembelajaran auditory intellectually repetition (AIR), motivasi dan hasil Belajar

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran auditory intellectually repetition (AIR), motivasi dan hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Masitah
Date Deposited: 19 Jul 2022 02:22
Last Modified: 19 Jul 2022 02:22
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37083

Actions (login required)

View Item View Item