Caniago, M. Agung Waskito (2022) EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK BERBASIS DARING DALAM PROSES PEMBUATAN E- KTP DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA JAMBI. S1 thesis, ilmu pemerintahan.
![]() |
Text
skripsi full M. Agung Waskito Caniago H1A117030.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER M. AGUNG WASKITO CANIAGO _H1A117030.pdf Download (36kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PERSETUJUAN M. AGUNG WASKITO CANIAGO_H1A117030.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN M. AGUNG WASKITO CANIAGO_H1A117030.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK M. AGUNG WASKITO CANIAGO_H1A117030.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN M. AGUNG WASKITO CANIAGO_H1A117030.pdf Download (30kB) |
![]() |
Text
BAB I M. AGUNG WASKITO CANIAGO_H1A117030.pdf Download (522kB) |
![]() |
Text
BAB IV M. AGUNG WASKITO CANIAGO_H1A117030.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA M. AGUNG WASKITO CANIAGO_H1A117030.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN M. AGUNG WASKITO CANIAGO_H1A117030.pdf Download (1MB) |
Abstract
Intisari Pelayanan publik saat ini merupakan suatu bentuk cerimanan pemerintah di tengah masyarakat di dalam berinteraksi serta memberikan suatu kebutuhan yang di perlukan masyarakat di dalam mempermudah dan memperlancar urusan administrasi. Sikap dan tingkah laku pemerintah di tampilkan di dalam pelayanan publik dimana briokrasi menjadi urat nadi pemerintah untuk memegang kepercayaan masyarakat karena selama keberadaan pemerintah tersebut ada karena di dasari atas keinginan masyarakat.Pada tahun 2020 pemerintah kotajambi menerapkan secara penuh pelayanan online melalui whatsapp atas intruksi walikota yang mana mengantisispasi terjadinya penyebaran virus covid 19 membuat pelayanan tatap muka di kurangi serta menghindari terjadinya keramaian di dinas kependudukan dan pencatatan sipil terutama di dalam mengurus pemebuatan E-KTP sebab merupakan produk disdukcapil yang sering mengalami perubahan baik itu perubahan data maupun perubahan fisik akibat kecelakaan maupun hal lain yang menyebabakan kondisi kartu mengalami kerusakan. Sejak peluncurannya sampai saat ini di ketahui bahwa di dalam penerapannya di temukan kendala ya berupa percaloan yang masih terjadi, keterlambatan di dalam kepengurusan berupa kendala teknis serta kendala pada manusianya, melihat ini tentu dapat menjadi pertimbangan dan peninjauan kembali apakah efektif penerapan pelayanan online ini dengan apa yangdi harapkan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif layanan online melalaui WhatsApp ini untuk pembuatan E-KTP. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori efektivitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif denganpengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitaian ini menunjukan bahwa belum maksimalnya pelayanan yang di lakukan melalaui whatsaap ini senggia tidak efektifnya pelayanan yang di berikan dengan menggunakan online ini, hal ini dapat di lihat melalui indikator pencapaian tujuan, integrasi, dan adaptasi, di lihatdari segi pecapaian tujuan nya belumlah sesuai dengan harapan sebab masih keteteran di dalam melayani masyarakat serta lamanya dalam pelayanan yang membuat antrian menjadi panjang. Di lihat integrasi nya sudah terbilang baik sebab masyarakat mengetahui informasi penggunaan pelayanan WA untuk E-KTP ini dari sosialisasi yang di lakukan , di lihat dari adaptasi belumlah maksimal sebab sarana prasaran belum mendukung dan juga pelayanan dari pegawai belum maksimal. Dengan demikian pelayanan publik berbasis daring ini belum lah efektiv ketika dilihat dari segi indikator efektivitas tersebut.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | CANIAGO |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 03:33 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 03:33 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37096 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |