Nuriali, indi and Wahid, Makmun and Rohayati, Wahyu (2022) KUALITAS ELECTRONIC GOVERNMENT DALAM PELAYANAN KESEHATAN DIMASA PANDEMI COVID-19 PADA APLIKASI SISTEM INFORMASI KOTA JAMBI (SIKOJA). S1 thesis, universitas jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL_INDI NURIALI_H1A117042.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
COVER_INDI NURIALI_H1A117042.pdf Download (131kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN_INDI NURIALI_H1A17042.pdf Download (101kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PERSETUJUAN_INDI NURIALI_H1A117042.pdf Download (48kB) |
![]() |
Text
BAB 1_INDI NURIALI_H1A117042.pdf Download (527kB) |
![]() |
Text
BAB IV_INDI NURIALI_H1A117042.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA_INDI NURIALI_H1A117042.pdf Download (249kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai kualitas electronic government atau e-government dalam pelayanan kesehatan di masa pandemi covid-19 pada aplikasi Sistem Informasi Kota Jambi (SIKOJA). Pemerintah Kota Jambi mengimplementasikan e-government dengan merilis empat layanan kesehatan khusus di masa pandemi guna mempercepat penanganan wabah covid-19. Layanan tersebut terdiri dari info covid-19, pendaftaran vaksin Puskesmas dan Rumah Sakit Abdul Manap, serta lapor diri untuk isolasi mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas e-government pada layanan kesehatan di masa pandemi covid-19 pada aplikasi SIKOJA serta untuk mengetahui hal yang mendukung dan menghambat kualitas layanan tersebut. Penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dan metode yang digunakan berupa metode observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa kualitas e-government layanan kesehatan di aplikasi SIKOJA dilihat dari indikator e-govQual yaitu efisiensi (efficiency), kepercayaan (trust), keandalan (reliability), dan dukungan masyarakat (citizen Support) dinilai cukup bermanfaat meskipun masih terdapat beberapa catatan. Hasilnya menunjukkan bahwa aplikasi SIKOJA membantu penanganan wabah covid-19. Layanan kesehatan yang dirilis dinilai memiliki efisiensinya sendiri karena dapat menjadi alternatif disaat pandemi, mengingat situasi pandemi yang harus membatasi kegiatan diluar rumah dan kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan. Dari segi kepercayaan, Pemkot Jambi telah bekerja sama dengan Badan Sandi Negara (BSN) agar aplikasi ini lebih aman dari peretesan. Layanan kesehatan ini juga dinilai cukup andal, karena masyarakat dapat mengetahui info covid-19 terkini, serta dapat menghemat biaya, waktu dan tenaga. Terakhir, dari segi dukungan, bentuk dukungan yang diberikan Pemkot Jambi berupa edukasi, sosialisasi dan akses penyediaan titik-titik wifi walaupun masih terbatas. Layanan kesehatan SIKOJA didukung oleh tuntutan zaman, masalah kesehatan masa pandemi itu sendiri, serta terdapat instruksi dan peraturan pendukung. Hal yang menghambat adalah aplikasi dengan basis portal dinilai kurang praktis, aplikasi ini tidak dapat diakses oleh semua kalangan atau awam teknologi dan masyarakat yang tidak jujur atau enggan melaporkan diri untuk isolasi mandiri dapat menyebabkan tidak akuratnya sebuah data. Kata Kunci : Kualitas, Electronic Government, Pandemi, Covid-19, SIKOJA
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | NURIALI |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 03:36 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 03:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37120 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |