PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS CONCEPT-RICH INSTRUCTION MENGGUNAKAN LIVE WORKSHEETS DENGAN PENGAPLIKASIAN QUIZIZZ PADA MATERI STATISTIKA

NASUTION, NURAISAH (2022) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS CONCEPT-RICH INSTRUCTION MENGGUNAKAN LIVE WORKSHEETS DENGAN PENGAPLIKASIAN QUIZIZZ PADA MATERI STATISTIKA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
NURAISAH NASUTION_A1C218017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (32kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN & HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Berdasarkan hasil observasi wawancara terhadap salah satu guru SMP N 30 Muaro Jambi mengenai penggunaan bahan ajar dalam proses pembelajaran, dinyatakan bahwa bahan ajar yang digunakan guru dari buku paket matematika langsung yaitu buku kemdikbut edisi revisi 2017, tidak ada LKPD tambahan yang dibuat guru ataupun LKPD tambahan. Hal ini menjadikan pemahaman konsep siswa yang terbilang rendah karena ketika diberikan soal sedikit berbeda mereka tidak akan mampu menyelesaikan soal tersebut. Karena kurangnya inovasi yang menarik minat belajar peserta didik membuat pesan atau informasi pembelajaran tidak tersampaikan kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD berbasis Concept-Rich Instruction pada materi statistika di kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang meliputi analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), and evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah dosen pendidikan matematika FKIP Universitas Jambi sebagai tim ahli validasi, guru matematika kelas VIII SMP Negeri 30 Muaro Jambi, serta peserta didik kelas VIII SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu E-LKPD yang berbasis Concept-Rich Instruction dengan tahapan practice, decontextualization, encapsulating a generalization in word, recontextualization, dan realization. E-LKPD juga berbantuan website Live Worksheets dan aplikasi Quizizz yang dapat diakses melalui smartphone. E-LKPD fokus pada statistika untuk siswa kelas VIII SMP dengan menyajikan contoh soal dan soal latihan yang berbasis Concept-Rich Instruction serta menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh peserta didik. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan beberapa kali direvisi hingga menghasilkan E-LKPD yang diharapkan dan bermanfaat. Dengan tingkat kualitas E-LKPD berdasarkan kriteria valid, praktis dan efektif. Dari hasil penelitian diperoleh: 1) persentase kevalidan E-LKPD dari ahli materi 81% (Sangat valid) dan dari ahli desain 85,2% (sangat valid), 2) persentase kepraktisan E-LKPD oleh pendidik 84,5% (Sangat Praktis) dan oleh peserta didik 93,3% (Sangat Praktis), 3) persentase keefektifan E-LKPD dari angket respon peserta didik 87,8% (Sangat Efektif) dan dari ketuntasan tes hasil belajar 81,8%. Peneliti menyarankan agar penelitian selanjutnya dapat mengembangkan E-LKPD dengan inovasi lain untuk menghasilkan E-LKPD yang baik dan menarik, sehingga dapat memotivasi peserta didik dalam belajar matematika.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD, Concept-Rich Instruction, Live Worksheets, Quizizz, Statistika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: NASUTION
Date Deposited: 18 Jul 2022 02:32
Last Modified: 18 Jul 2022 02:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37170

Actions (login required)

View Item View Item