KEMAMPUAN GURU PENJAS DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN PASCA COVID-19 DI SMA N 12 MERANGIN

Adlani Siregar, Muhammad Nazri (2022) KEMAMPUAN GURU PENJAS DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN PASCA COVID-19 DI SMA N 12 MERANGIN. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
Cover Judul.pdf

Download (52kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Daftar Lengkap nazri.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB V NAZRI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (229kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Baru.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Nazri Skripsi Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK M. Nazri Adlani Siregar, 2017 “Kemampuan Guru Penjas Dalam Mengelola Pembelajar Pasca Covid-19 di SMA 12 Merangin” Prodi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Pembimbing (I). Dr. Drs. Sukendro, M.Kes AIFO. Pembimbing (II). Ely Yuliawan, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan Guru Penjas, Mengelola Pembelajaran Salah satu sekolah yang telah melaksanakan pembelajaran tatap muka di kawasan Kabupaten Merangin adalah SMA Negeri 12 Merangin. Di sekolah ini, siswa dibagi berdasarkan kelompok untuk jadwal pembelajaran tatap muka apabila siswa di suatu rombel berjumlah lebih dari 28 siswa maka rombel tersebut akan di bagi menjadi 2 kelompok yaitu tiap kelompok berjumlah 14 siswa. Dengan adanya hal seperti ini Guru harus dapat mengelola kelas dengan baik di karenakan jumlah rombel pada kelas tidak seperti biasanya. Oleh karena itu guru kesulitan untuk memberikan materi sesuai pada RPP, kemudian guru juga belum terbiasa dengan cara membagi 2 rombel pada kelas yang di ajarnya dan siswa juga belum terbiasa dengan pembelajaran tatap muka pada saat covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana Guru penjas mengelola pembelajaran pasca covid-19 di SMA 12 Merangin. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif yang mana peneliti melakukan observasi dan wawancara kepada Guru penjas di SMA 12 Merangin dengan jumlah Guru sebanyak 3 orang. Instrumen yang di gunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan Guru sudah mampu dalam mengelola pembelajaran contohnya seperti selalu mempersiapkan segala macam administrasi pembelajaran baik pada masa pandemi maupun saat pasca pandemi covid-19 ini. Untuk perencanaan pembelajaran diawali dengan menganalisis silabus kemudian menyusun RPP, pemetakan KI dan KD, membuat indikator dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai oleh peserta didik pada saat pembelajaran, kemudian menelaah materi pembelajaran dengan mempertimbangkan tingkat kerumitan, kekomplekan, dan kesesuaian materi dengan lingkungan tempat tinggal peserta didik, karakteristik peserta didik dan pengetahuan awalnya, menentukan model, metode dan strategi serta media yang akan digunakan pada saat pembelajaran dan yang terakhir adalah mengevaluasi siswa serta melakukan pengayaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada masa pasca covid-19 ini Guru penjas pada saat melakukan proses pembelajaran harus membuat siswa merasa senang kemudian Guru juga harus menyiapkan semua administrasi yang sesuai dengan tingkat kesulitan pada materi pembelajaran serta Guru juga harus menjadikan siswa kreatif, inovatif dan memiliki semangat belajar.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Olahraga dan Kesehatan
Depositing User: SIREGAR
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:08
Last Modified: 19 Jul 2022 03:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37183

Actions (login required)

View Item View Item