PERANAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMP ASIATIC PERSADA

-, Yudistira and Muspawi, Mohamad and Setiyadi, Bradley (2022) PERANAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMP ASIATIC PERSADA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (220kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Halaman Persetujuan.pdf

Download (214kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (205kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (207kB)

Abstract

Berdasarkan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018 Pasal 15 mengenai penugasan guru sebagai kepala sekolah yang berbunyi, Beban kerja kepala sekolah sepenuhnya untuk melaksanakan tugas pokok manajerial, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan. Dengan banyaknya tugas kepala sekolah tersebut maka salah satunya yaitu melaksanakan supervisi kepada guru akan memberi dampak yang positif terhadap psikologis guru. Rasa puas yang didapatkan guru dengan adanya supervisi dari kepala sekolah akan memicu semangat guru dalam menjalankan kewajibannya, sehingga pembelajaran akan berjalan dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa peranan yang telah dilakukan kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja guru, apa kendala yang kepala sekolah temukan dalam pelaksanaan peranan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru serta mengetahui apa solusi yang kepala sekolah lakukan dalam meningkatkan kinerja guru di smp asiatic persada. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wali kelas 7, wali kelas 8, dan wali kelas 9. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah redukasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peranan kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Asiatic Persada melakukan pembinaan terhadap disiplin kerja. (2) kendala yang dihadapi dalam melaksanakan perannya dalam meningkatkan kinerja guru, kepala sekolah: masih ada guru yang kurang persiapan. Wali kelas 7: perilaku siswa menjadi kendala saat proses pembelajaran. Wali kelas 8: pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) tidak terlalu mudah. Wali kelas 9: ada siswa yang sulit memahami materi. (3) solusi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru, kepala sekolah: melakukan pembinaan disiplin kerja. Wali kelas 7: menegaskan proses pembelajaran, aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM). Wali kelas 8: kepala sekolah membantu guru dalam memecahkan permasalahan. Wali kelas 9: kepala sekolah memotivasi guru untuk melakukan tugas dengan baik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: YUDISTIRA
Date Deposited: 18 Jul 2022 02:51
Last Modified: 18 Jul 2022 02:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37205

Actions (login required)

View Item View Item