safitri, azza (2022) pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar IPA kelas IV tema 7 subtema 3. S1 thesis, universitas jambi.
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (109kB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (125kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (87kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (193kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (87kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (99kB) |
Abstract
ABSTRAK Safitri, Azza Nabila. 2022. pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar kelas IV tema 7 subtema 3 : Skripsi, program studi pendidikan guru sekolah dasar, FKIP, Universitas Jambi. Dosen pembimbing (I) Prof. dr. rer. nat. Asrial, M.Si. (II) Violita Zahyuni, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : pengaruh, model flipped classroom, hasil belajar Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classrom Terhadap Hasil Belajar Siswa di sekolah dasar kelas IV pada mata pelajaran IPA tema 7 subtema 3. Penelitian ini dilakukan di SD YKPP Bajubang pada tanggal 7 februari 2022 s/d 31 maret 2022. Data penelitian diperoleh dengan cara (1) perserta didik dari kelas IV A dan IV B diberikan tes awal (pre test), (2) kelas IV B yang bertindak sebagai kelas eksperimen diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran flipped classroom, (3) kedua kelas diberikan tes akhir (post test) tentang materi gaya magnet dan gaya gravitasi dengan soal yang sama, (4) melakukan penilaian sola yang diberikan pada kedua kelas untuk mengetahui perolehan hasil belajar siswa. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan quasi experimental dengan menggunakan desain penelitian Pre test Post test Control Group Design. Teknik yang digunakan dalam pengambila sample yaitu dengan teknik Random Sampling. Alat analisis yang digunakan adalah analisis pengaruh dengan menggunakan Microsoft excel 2010. Hasil dari penelitian yang dilaukan menunjukkan bahwa hasil uji prasyarat analisis yang telah dilakukan sebelumnya, diketahui bahwa hasil belajar perserta didik pada materi gaya magnet dan gaya gravitasi di kelas eksperimen yang diberikan perlakukan dengan menggunakan model pembelajaran flipped classroom lebih baik dari pada hasil belajar IPA perserta didik di kelas control yang masih menggunakan model pembelajarn langsung atau cermah. Hal tersebut dapat dilihat dari perolehan hasil uji-t yang memperoleh hasil Thitung > yakni 5,354, Ttabel > 1,677 yang menandakan bahwa penggunaan model pembelajaran flipped classroom berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPA perserta didik pada materi gaya magnet dan gaya gravtasi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengaruh, model, flipped classroom, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | SAFITRI |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 07:45 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 07:45 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37223 |
Actions (login required)
View Item |