Desain Buku Saku Berbasis Augmented Reality Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Dalam Mendukung Kemampuan Spasial Siswa Kelas IX SMP

Hanim, Muziyati (2022) Desain Buku Saku Berbasis Augmented Reality Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Dalam Mendukung Kemampuan Spasial Siswa Kelas IX SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
FULL SKRIPSI MUZIYATI HANIM A1C218003_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (204kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (437kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Dalam pembelajaran geometri khususnya bangun ruang, kemampuan spasial sangat berperan penting. Untuk mendukung kemampuan spasial siswa dapat menggunakan inovasi bahan ajar yang adaftif terhadap teknologi yaitu augmented reality yang dapat menampilkan bentuk 2D maupun 3D bangun ruang secara nyata melalui smartphone. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku saku berbasis augmented reality pada materi bangun ruang sisi lengkung dalam mendukung kemampuan spasial siswa kelas IX SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model Plomp yang meliputi investigasi awal, desain, realisasi/konstruksi, tes evaluasi revisi dan implementasi. Subjek penelitian ini adalah dosen pendidikan matematika FKIP Universitas Jambi sebagai tim ahli validasi, guru matematika kelas IX SMP Negeri 17 Kota Jambi dan peserta didik kelas IX G SMP Negeri 17 Kota Jambi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu buku saku berbasis augmented reality. Augmented reality dapat diaplikasikan menggunakan smartphone. Buku saku ini fokus pada materi bangun ruang sisi lengkung untuk siswa kelas IX SMP dengan menyajikan indikator-indikator spasial dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh peserta didik. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini mengalami beberapa kali revisi hingga menghasilkan buku saku berbasis augmented reality yang diharapkan dan bermanfaat dengan tingkat kualitas buku saku pembelajaran berdasarkan 3 kriteria, yaitu: valid, praktis dan efektif. Dari hasil penelitian diperoleh: 1) persentase kevalidan buku saku dari ahli materi 86% (sangat valid) dan dari ahli desain 85,56% (sangat valid), 2) persentase kepraktisan buku saku oleh pendidik 85,33% (sangat praktis), oleh peserta didik juga sangat praktis pada uji kelompok kecil 86,15% dan uji lapangan 88,62%, 3) persentase keefektifan buku saku dari rata-rata lembar observasi aktivitas siswa pada uji lapangan 82,21%, dari ketuntasan tes hasil belajar 81,57% (sangat efektif) dan pada tes kemampuan spasial diperoleh siswa berada pada kategori kemampuan spasial sedang hingga tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa buku saku berbasis augmented reality pada materi bangun ruang sisi lengkung yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Peneliti menyarankan agar penelitian selanjutnya dapat mengembangkan buku saku pembelajaran dengan inovasi lain untuk menghasilkan buku saku pembelajaran yang baik dan menarik, sehingga dapat memotivasi peserta didik dalam belajar matematika khususnya geometri.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Buku Saku, Augmented Reality, Kemampuan Spasial, Bangun Ruang Sisi Lengkung.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Hanim
Date Deposited: 18 Jul 2022 02:49
Last Modified: 18 Jul 2022 02:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37229

Actions (login required)

View Item View Item